Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok Setkab
Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: dok Setkab

Pemerintah Hati-Hati Buka Pintu Wisatawan Asing

Ekonomi wisatawan Erick Thohir percepatan pemulihan pariwisata
Eko Nordiansyah • 15 Agustus 2020 15:10
Jakarta: Pemerintah berhati-hati dalam membuka pintu kedatangan bagi wisatawan asing ke Indonesia. Wisatawan mancanegara baru dapat melancong ke Tanah Air setelah pandemi covid-19 berhasil dikendalikan.
 
Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menjelaskan pemerintah tak ingin pembukaan wisata asing justru mengacaukan program Indonesia Sehat yang saat ini sudah berjalan. Untuk itu, pemerintah hanya akan membuka pintu bagi masuknya wisatawan asing di saat yang tepat.
 
"Kami dari komite sudah mendapatkan arahan dan diskusi untuk sementara tempat pembukaan wisata asing ini masih ditinjau," katanya dalam diskusi virtual di Jakarta, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, kesiapan untuk imunisasi vaksin covid-19 baru bisa dijalankan pada awal tahun depan. Untuk itu, pemerintah tak ingin wisata asing menjadi klaster baru sehingga program Indonesia Sehat menjadi gagal.

 
"Ini yang harus jalan seising, yang dibilang Bapak Presiden gas dan rem. Kita pada prinsipnya mendukung tapi harus dilakukan koordinasi yang tepat, waktu yang tepat," ungkapnya.
 
Menteri BUMN ini menyebut pemerintah sementara waktu masih akan mengandalkan wisatawan domestik. Meski begitu, pemerintah tidak akan mengabaikan keselamatan dari para wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan di seluruh objek wisata.
 
"Tidak berarti kita tidak memperhatikan wisatawan lokal, karena jelas boleh berwisata tapi protokol covid-19 terutama memakai masker harus dijalankan. Sama seperti yang saya sampaikan ayo, silakan makan di luar makan di restoran, di warung, boleh tapi protokolnya dilakukan," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif