"Orang-orang sudah mulai mencari produk-produk Ramadan itu sebulan sebelum bulan puasa itu dimulai, seperti mencari makanan, cari fesyen untuk Ramadan, hampers, kebutuhan, dan lain-lain," kata Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Cahyadi saat media briefing, dikutip Jumat, 24 Februari 2023.
Sedangkan pencarian dan pembelian tertinggi, kata Edwin, terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).
Produk apa sih yang paling dicari dan dibeli?
Adapun kategori dengan transaksi tertinggi berasal dari kategori fesyen di peringkat pertama. Diikuti produk-produk makanan dan minuman, kesehatan, otomotif dan aksesorisnya, serta kebutuhan rumah tangga.
Sementara untuk kategori produk yang paling banyak dicari adalah fesyen di peringkat pertama, Kemudian produk otomotif dan aksesoris, makanan dan minuman, kebutuhan rumah tangga, serta smartphone.
Beberapa subkategori juga mengalami lonjakan permintaan seperti hampers dan dekorasi, bumbu dan peralatan masak, gaming, perlengkapan travel, serta kecantikan.
Untuk pembayaran, Edwin mengatakan metode cashless menjadi yang paling populer digunakan, baik melalui transfer antarbank, dompet digital, kartu kredit, dan GopayLater Cicil.
"Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkos kirim," tambah Edwin.
Baca juga: Berikut Produk Terlaris di Tokopedia Awal 2023 |
Ini cara raup cuan saat Ramadan
Melihat tren tersebut, Edwin mengatakan pelaku bisnis harus mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat untuk Bulan Puasa tahun ini, salah satunya dengan memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions.
Tokopedia Marketing Solutions adalah solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Melalui Tokopedia Marketing Solutions, pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan. Salah satunya, menggunakan banner di lokasi premium (Homepage Banner), banner di lokasi strategis lainnya (Dynamic Channel), permainan interaktif berhadiah (Tap Tap Kotak), dan kanal video streaming (Tokopedia Play).
Menurut Edwin, sepanjang 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. "Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4 persen ketika Tap Tap Kotak tayang dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5 persen," katanya.
Dengan Tokopedia Marketing Solutions, pelaku bisnis juga dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian, menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen, serta menampilkan produk sebagai pencarian populer.
Pelaku bisnis juga bisa beriklan di halaman notifikasi dan pesan termasuk Broadcast Chat, serta memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia.
Edwin menambahkan, Tokopedia juga akan meluncurkan kampanye #LengkapiRamadhan pada 20 Maret-30 April 2023 yang memberikan berbagai penawaran menarik. Pelaku bisnis dapat berpartisipasi dalam kampanye tersebut untuk mencapai pertumbuhan bisnis selama Ramadan 2023.
"Ini pertama kalinya kita membungkus kampanye Ramadan di level grup GoTo. Di Tokopedia, akan diisi dengan flagship campaign kita seperti Serbu Official Store, CantikFest, Waktu Indonesia Belanja, dan Bazaar Brand Pilihan," kata Edwin.
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News