Ilustrasi layanan Taspen berbasis digital. Foto: dok Taspen.
Ilustrasi layanan Taspen berbasis digital. Foto: dok Taspen.

Taspen Layani 6,81 Juta PNS dan Pensiunan

Husen Miftahudin • 06 September 2022 19:07
Jakarta: PT Taspen (Persero) melayani 6,81 juta peserta yang terdiri atas 3,89 juta orang peserta aktif dan 2,92 juta orang pensiunan (data per 31 Agustus 2022). Taspen senantiasa menghadirkan beragam program manfaat, antara lain Program Pensiun, Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM) sebagai upaya perseroan dalam meningkatkan kesejahteraan para peserta.
 
"PT Taspen senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelayanan melalui beragam program inovatif untuk memberikan manfaat maksimal yang melebihi harapan para peserta. Pemberian manfaat maksimal ini berasal dari beragam investasi bisnis yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Corporate Secretary Taspen Mardiyani Pasaribu dalam siaran persnya, Selasa, 6 September 2022.
 
Mardiyani menyampaikan, Taspen senantiasa menjunjung prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap rencana investasi dan operasional bisnis. Selain itu, perusahaan juga senantiasa kooperatif terhadap audit tahunan yang rutin dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan tidak pernah ditemukan adanya penyelewengan maupun kerugian negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ke depan, kami akan terus berupaya menghadirkan beragam program inovatif guna meningkatkan kesejahteraan para peserta Taspen," tegasnya.
 
Baca juga: Taspen Pastikan Dana Peserta Dikelola Hati-hati dan Transparan

 
Ia menekankan, seluruh program dan rencana bisnis Taspen dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Taspen mengelola program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang merupakan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja berupa perawatan, santunan, dan tunjangan cacat.
 
Sedangkan Jaminan Kematian (JKM) merupakan perlindungan atas risiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja berupa santunan kematian dimana pesertanya terdiri atas PNS, Pejabat Negara, PPPK, dan bahkan CPNS. Pemberian manfaat terhadap CPNS ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan bagi para CPNS, guna meningkatkan kontribusi dan pengabdiannya terhadap Indonesia.
 
Sebagai inovasi layanan pascapandemi covid-19, Taspen menghadirkan inovasi layanan berbasis digital, yakni Taspen Pesona (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona). Layanan ini terdiri dari Taspen Otentikasi yang berguna untuk memastikan dana pensiun bulanan diterima oleh yang berhak tanpa perlu datang ke kantor Taspen.
 
"Selanjutnya adalah Taspen Care, yaitu sebuah platform media untuk penyampaian bermacam pertanyaan dan keluhan peserta, kanal mengunduh formulir pengajuan klaim, informasi jadwal mobil layanan Taspen dan berisi kamus istilah keTASPENan. Kemudian, terdapat program Taspen e-klaim, yakni layanan klaim peserta untuk mengajukan haknya secara daring," pungkasnya.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif