Pabrik pupuk urea Pupuk Kaltim. Foto: dok Pupuk Kaltim.
Pabrik pupuk urea Pupuk Kaltim. Foto: dok Pupuk Kaltim.

Pupuk Kaltim Dorong Efisiensi Lewat Inovasi Aplikasi

Ekonomi pupuk indonesia
Husen Miftahudin • 10 Juli 2020 17:19
Jakarta: PT Pupuk (Kaltim), anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen untuk terus mendorong inovasi di berbagai bidang. Setiap tahun, Pupuk Kaltim terus mengembangkan berbagai aplikasi untuk menunjang kinerja perusahaan.
 
Manager Inovasi dan Pengembangan Manajemen (Inbangman) Pupuk Kaltim Alvina Elysia Dharmawangsa mengatakan upaya pengembangan berbagai aplikasi merupakan langkah perusahaan dalam mendorong inovasi yang sejalan dengan konsep digitalisasi industri 4.0.
 
"Semua ini untuk mendorong efisiensi sekaligus peningkatan nilai tambah dan daya saing Pupuk Kaltim sebagai salah satu perusahaan petrochemical industry bertaraf internasional," ujar Alvina dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Jumat, 10 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Atas upaya tersebut, Pupuk Kaltim diganjar 9th Anugerah BUMN 2020 sebagai Terbaik I Kategori Inovasi Bisnis. Tak hanya itu, Pupuk Kaltim juga mendapat dua penghargaan lainnya, yakni sebagai Terbaik I Kategori Tata Kelola Perusahaan (GCG) dan The Best CEO Driving Execution Anak Perusahaan BUMN Terbaik yang diterima oleh Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman.
 
Ketiga penghargaan tersebut diserahkan Ketua Dewan Juri, pengamat BUMN, dan Dewan Pakar BUMN Track Tanri Abeng. Apresiasi ini diberikan kepada BUMN dan anak usaha BUMN yang dinilai berhasil mencapai peningkatan kinerja dan daya saing perusahaan di skala nasional maupun global.
 
Dalam kategori The Best CEO, kriteria yang dinilai adalah terkait bagaimana CEO dapat memberikan visi, formulasi strategi, driving strategy, passion dalam SDM yang unggul, serta leading change.
 
Meskipun Pupuk Kaltim dianggap sebagai anak perusahaan BUMN yang berhasil mencapai peningkatan kinerja dan daya saing perusahaan di skala nasional maupun global, Direktur Utama Pupuk Kaltim Bakir Pasaman tak lantas jemawa.
 
"Pupuk Kaltim akan terus berupaya meningkatkan kinerja untuk mencapai realisasi target yang ditetapkan. Hal ini menjadi budaya perusahaan dengan berbagai inovasi yang didukung SDM unggul di seluruh unit kerja," tegasnya.
 
Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim Meizar Effendi menambahkan penghargaan ini menjadi semangat dan motivasi bagi Pupuk Kaltim untuk terus meningkatkan performa di berbagai bidang. "Tak hanya realisasi target, namun juga pembinaan masyarakat melalui CSR juga terus dikembangkan pada berbagai bidang," terangnya.
 
Sepanjang 2019, Pupuk Kaltim mampu meningkatkan realisasi target produksi, penjualan, hingga tata kelola keuangan perusahaan dan manfaat bagi masyarakat. Pupuk Kaltim berhasil melampaui target produksi meskipun beberapa pabrik milik perseroan melaksanakan turn around.
 
Adapun realisasi produksi pupuk, baik urea maupun NPK, berhasil mencapai 3,53 juta ton atau setara 100,84 persen dari target sebanyak 3,50 juta ton. Sementara untuk produksi amoniak, perseroan berhasil mencatat hingga 2,72 juta ton atau 102,27 persen dari target sebanyak 2,66 juta ton.
 
(AHL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif