Ilustrasi UMKM perempuan. Foto: Medcom.id
Ilustrasi UMKM perempuan. Foto: Medcom.id

Ini Cara Garudafood Perkuat UMKM Perempuan Lebih Berkembang

Annisa ayu artanti • 22 Agustus 2025 11:37
Bandung: PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) bersama Daarut Tauhiid (DT) Peduli terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung kemandirian ekonomi masyarakat, khususnya perempuan pelaku UMKM
 
Melalui Program Inkubasi Kampung Wirausaha Garudafood 2025, keduanya berkolaborasi memperkuat kapasitas ibu rumah tangga agar mampu mengembangkan usaha secara berkelanjutan.
 
Acara apresiasi komunitas UMKM ini berlangsung ini dihadiri lebih dari 150 kelompok wirausaha dari berbagai daerah, termasuk Bandung, Rancaekek, Padalarang, Banjaran, Tasikmalaya, Garut, hingga Cianjur.

Memberdayakan ibu rumah tangga jadi motor ekonomi

Sejak diluncurkan pada 2017, Kampung Wirausaha Garudafood konsisten fokus pada pemberdayaan ibu rumah tangga. Program ini tidak sekadar memberikan pelatihan, tetapi juga pendampingan berkelanjutan yang mencakup pengelolaan usaha, pemasaran digital, hingga literasi keuangan.
 
Baca juga: Dapatkan Modal Usaha dari Program TKM, Apa Itu? Bagaimana Caranya?

“Kami percaya bahwa pemberdayaan masyarakat tidak hanya berhenti pada pelatihan, tetapi juga harus dilanjutkan dengan pendampingan dan inkubasi agar usaha dapat benar-benar mandiri dan tumbuh,” jelas Head of Corporate Communication and External Relations Garudafood, Dian Astriana dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 Agustus 2025.

Menurut Dian, hasil positif sudah terlihat dari ide-ide bisnis inovatif, pemasaran kreatif, optimalisasi konten media sosial, hingga perluasan distribusi yang dilakukan oleh para pelaku UMKM binaan.

Sinergi dunia usaha 

Kolaborasi antara Garudafood dan DT Peduli membuktikan bahwa kerja sama lintas sektor bisa menghadirkan dampak nyata bagi masyarakat.
 
“Kolaborasi ini membuktikan bahwa sinergi antara dunia usaha dan lembaga sosial mampu melahirkan dampak sosial-ekonomi yang luas. Para ibu rumah tangga kini tidak hanya membantu ekonomi keluarga, tetapi juga berkontribusi pada perputaran ekonomi daerah,” ungkap Ketua Pengurus Yayasan Daarut Tauhiid, Bascharul Asana.
 
Hingga pertengahan 2025, Kampung Wirausaha Garudafood telah memiliki lebih dari 600 komunitas binaan di wilayah Jabodetabek, Bandung, Gresik, Tasikmalaya, Garut, Cianjur, dan Sukabumi. Angka ini tumbuh lebih dari 30 persen dibanding tahun sebelumnya.
 
Ke depan, Garudafood berkomitmen memperluas jaringan ke wilayah lain, sekaligus terus mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam mengurangi kesenjangan ekonomi dan memberdayakan perempuan.
 
Dengan pendampingan berkelanjutan, UMKM binaan diharapkan dapat tumbuh mandiri, memperluas pasar, dan memberikan dampak sosial yang lebih luas bagi masyarakat.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan