Telkom Indonesia. Foto: Telkom.
Telkom Indonesia. Foto: Telkom.

Diobrak-abrik Hacker, Data Pelanggan Telkom Dipastikan Tak Ada yang Bocor

Despian Nurhidayat • 18 September 2022 10:34
Jakarta: Akhir-akhir ini ramai diperbincangkan mengenai kebocoran data di Indonesia. Hal ini juga dipengaruhi dengan kemunculan hacker Bjorka yang menggemparkan dunia maya. Sampai saat ini belum diketahui siapa sosok Bjorka tersebut.
 
Salah satu perusahaan BUMN yang diterpa isu kebocoran data ialah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Pada 21 Agustus 2022, data pelanggan anak usaha Telkom yakni Indihome diduga bocor dan dijual di forum breached.to.
 
Menanggapi hal tersebut, Vice President Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko menegaskan, pihaknya tidak menemukan adanya indikasi kebocoran data pelanggan di seluruh unit usaha Telkom.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah melalui penelusuran dan investigasi menyeluruh, kami meyakini dan memastikan bahwa tidak ada kebocoran data pelanggan," ungkapnya kepada Media Indonesia, Minggu, 18 September 2022.
 
Baca juga: Aksi Peretasan Bjorka Dinilai Lebih Kental ke Unsur Politis

 
Lebih lanjut, dia menambahkan keseluruhan data pelanggan Telkom telah disimpan dalam sistem yang memiliki keamanan ketat.
 
"Keseluruhan data pelanggan, kami simpan di dalam sebuah sistem keamanan siber yang terintegrasi dan dikelola berdasarkan peraturan serta perundang-undangan yang berlaku," ujar Andri.
 
Dia menekankan, keamanan data pelanggan menjadi prioritas utama bagi Telkom dan pihaknya akan terus berusaha meningkatkan keamanan data para pelanggan.
 
"Ke depannya, Telkom terus berupaya meningkatkan pengamanan data pelanggan dan menjadikan hal ini sebagai prioritas utama demi meningkatkan kenyamanan pelanggan," pungkasnya.

 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif