Senior Manager Corporate Sustainability and Risk Management Medco Energi Firman Dharmawan (kiri). Foto Istimewa.
Senior Manager Corporate Sustainability and Risk Management Medco Energi Firman Dharmawan (kiri). Foto Istimewa.

Waduh! Berebut Investor, Industri Migas di Ujung Tanduk?

Husen Miftahudin • 04 Oktober 2022 20:57
Bandung: Senior Manager Corporate Sustainability and Risk Management Medco Energi Firman Dharmawan mengakui persyaratan kerja sama dengan para investor semakin ketat. Para pelaku industri minyak dan gas (migas) harus memiliki program dan pelaporan keberlanjutan lingkungan.
 
"Meskipun saat ini isu mengenai EBT (Energi Baru Terbarukan) telah menjadi perbincangan yang luas dan perhatian para pengambil kebijakan, namun kenyataannya energi fosil dari minyak dan gas tetap dibutuhkan," tegas Firman dalam FGD Media Gathering SKK Migas dan KKKS di Bandung, Selasa, 4 Oktober 2022.
 
Terkait hal tersebut, kata Firman, Medco Energi telah menyiapkannya agar sektor bisnis migas terus berkembang. Perusahaan pun fokus terhadap tata kelola lingkungan, termasuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) SDG.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perubahan iklim sudah terjadi ada resiko, harus dimitigasi karena bisnis harus terus berlanjut," terangnya.
 
Baca juga: Meski Digempur Transisi Energi, Industri Migas Masih Belum 'Sunset'

 
Adapun sebanyak 90 persen kontribusi bisnis Medco saat ini masih migas. Sebagai bagian dari pengembangan ke depan, Medco memiliki lini bisnis di sektor ketenagalistrikan dan pertambangan.
 
"Medco Power yang didirikan pada 2004 menjadi ujung tombak di era energi transisi," ucap Firman.
 
Ia kembali menambahkan, sebagai bagian peta jalan dan kerangka keberlanjutan, perusahaan di tahun ini telah melakukan pengkinian penilaian materialitas dan penilaian hak asasi manusia yang mencakup pengkinian prioritas topik-topik Environmental, Social and Governance (ESG); peta jalan keberlanjutan lima tahun mendatang; serta peta jalan emisi net zero.
 
"Medco Energi terus meningkatkan kualitas dari pengungkapan dengan meningkatkan jumlah indikator global reporting initiative (GRI) dari tahun ke tahun. Jika di 2017 jumlah indikator GRI sebanyak 31 indikator, kemudian setiap tahun jumlah indikator meningkat, dan di 2022 indikator GRI mencapai 86 indikator," tutup Firman.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif