Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Kapasitas PLTP Unit 2 Dieng Ditingkatkan Jadi 55 MW

MetroTV • 29 November 2021 13:27
Jakarta: Pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Unit 2 Dieng sebesar 55 Megawatt. Upaya itu dilakukan dengan mengebor 10 sumur baru.
 
Penambahan kapasitas dari sumur baru dengan kedalaman 3 ribu meter ini diharapkan dapat membantu menyuplai listrik yang lebih ramah lingkungan ke sistem Jawa-Bali.  
 
"Potensinya Dieng (PLTP Unit 2 Dieng) itu 450 MW. Saat ini harga jual kita di pulau Jawa itu hanya Rp7 sen untuk Dieng. Mudah-mudahan bisa memberikan semangat lagi bagi seluruh developer swasta untuk lebih giat mengembangkan panas bumi," kata Dirut Geo Dipa Energi, Riki Ibrahim, dalam program Selamat Pagi Indonesia, Metro TV, Senin, 29 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki kekayaan panas bumi yang berpotensi besar menyuplai listrik nasional. Maka dari itu, PT Geo Dipa Nasional Persero kembali mengembangkan pajak sumur PLTP Unit 2 Dieng dengan kapasitas 55 MW. 
 
Kemudian terdapat 10 sumur yang dieksplorasi, meliputi 5 sumur produksi dan 5 sumur injeksi. Pengembangan energi panas bumi ini sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi dampak perubahan iklim.
 
Sumber dengan kapasitas 55 MW tersebut nantinya untuk disalurkan ke transmisi di 150 jaringan Jawa-Bali, serta mampu mengurangi emisi sebesar 350 ribu ton CO2. 
 
Selain memiliki uap panas, PLTP Unit 2 Dieng juga memiliki potensi litium dengan nilai 89 miligram. Hal ini dapat menopang pabrikan litium yang digunakan sebagai baterai di mobil listrik.
 
Baca: Kurangi Emisi Karbon, Pemerintah Komitmen Kembangkan Energi Panas Bumi
 
Pelaksana tugas Bupati Banjarnegara, Syarifudin, berharap pengeboran sumur geothermal di Kabupatennya dapat bermanfaat bagi negara serta dapat meningkatkan ekonomi bagi masyarakat sekitar.
 
"Kami ingin Banjarnegara maju dan mengejar kemajuan daerah lain serta mendapatkan keuntungan untuk negara," kata Syarifudin.
 
Sumur bor Geothermal Dieng Banjarnegara memiliki potensi energi sebesar 400 MW. Namun, pemerintah Indonesia baru bisa mengeksplorasi hanya 55 MW. Dan untuk perkembangan selanjutnya diharapkan para investor dapat mendukung. (Taris Dwi Aryani)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif