Ilustrasi pembatasan kegiatan di pusat perbelanjaan - - Foto: MI/ Bary Fathahilah
Ilustrasi pembatasan kegiatan di pusat perbelanjaan - - Foto: MI/ Bary Fathahilah

Asosiasi Pusat Perbelanjaan Sesalkan Pengetatan PPKM

Ekonomi PSBB Pusat Perbelanjaan
Annisa ayu artanti • 09 Januari 2021 15:00
Jakarta: Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyayangkan pemerintah mengambil kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 11 Januari hingga 25 Januari 2021.
 
Ketua APPBI-DKI Ellen Hidayat mengatakan akibat kebijakan libur panjang yang tidak terkendali menyebabkan pusat belanja DKI yang bukan merupakan kluster covid-19 terkena imbas.
Pada pengetatan PSBB, pembatasan mal menjadi pukul 19.00 dan kapasitas restoran yang dizinkan hanya 25 persen.
 
"Padahal dari pantauan kami pengunjung pusat belanja juga sangat kooperatif dan mengerti tata cara protokol kesehatan yang harus diikuti bilamana berkunjung ke pusat belanja," kata Ellen kepada Medcom.id, Sabtu, 9 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ellen menambahkan selama ini pusat belanja telah sigap, tertib, dan patuh serta bersedia melakukan investasi pembiayaan berbagai peralatan untuk menerapkan protokol kesehatan.
 
"Tetapi tetap saja bila ada peraturan baru yang terbit, maka pusat belanja kembali menjadi obyek yang harus bersedia menerima berbagai keputusan dan menanggung kerugian akibat maraknya penderita covid-19," jelas dia.
 
Ellen mengungkapkan kebijakan yang baru baru dirilis pemerintah tersebut kurang tepat sasaran. Selama ini pengelola pusat belanja bersama para tenan juga telah berusaha untuk meningkatkan kembali ekonomi yang sejalan dengan protokol kesehatan, namun justru kembali harus tersudut.

 
"2020 sudah berlalu, kerugian sudah dibukukan. Kami semua pengelola pusat belanja dan tenant saat memasuki 2021 mulai bersemangat lagi dan memprediksi adanya titik cerah, namun kembali lagi adanya peraturan yang meredupkan semangat itu," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif