Pemerintah daerah. Foto: Medcom.id.
Pemerintah daerah. Foto: Medcom.id.

PPD Bantu Pemda Pahami Perencanaan Daerah

Antara • 29 September 2022 18:01
Jakarta: Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan (PEPP) Kementerian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi mengatakan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dapat mendorong pemerintah daerah (pemda) lebih memahami perencanaan, penyelesaian masalah, pencapaian, dan inovasi pembangunan daerahnya. Dia mengatakan ajang ini juga dapat mendorong pembangunan daerah yang lebih terukur, akuntabel, inovatif, dan berkelanjutan.
 
baca juga: Papdesi Harap Ada Revisi Pasal UU Desa

"Daerah-daerah terbaik bekerja keras mengupayakan perbaikan dalam penurunan kemiskinan, revitalisasi pariwisata, transformasi dalam pembangunan pertanian, mengubah daerah kumuh menjadi komunitas sehat dan produktif, dan fasilitas kesehatan daerah terpencil," kata Rudy, dalam acara Penyerahan Piala PPD dan Penghargaan Khusus serta Talkshow Knowledge Sharing Pembangunan Daerah Tahun 2022, di Gedung Bappenas, Jakarta, dikutip dari Antara, Kamis, 29 September 2022.
 
Dia berharap ajang ini dapat memberikan dorongan semangat kepada pemda dalam meningkatkan kualitas rencana pembangunan, sekaligus dapat merealisasikannya dengan baik di masa mendatang. Dia juga berharap ajang ini dapat memperkuat kerja sama antara pemerintah pusat dan pemda dalam melaksanakan pembangunan nasional.
 
"Melalui pemahaman penyelesaian masalah dalam praktik cerdas, suatu daerah bisa merefleksikan apa yang sedang terjadi di daerah itu. Kemudian, terinspirasi dan mendapatkan referensi menemukan solusi bersama," kata Rudy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, melalui ajang ini, dia menyebut pemerintah pusat bisa mendapatkan data dan informasi detail mengenai kualitas perencanaan pembangunan di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.
 
Dengan itu, pemerintah pusat dapat memahami kapasitas daerah dan SDM dalam perencanaan, hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan, serta keunggulan program dan kegiatan dalam pembangunan.
 
Seperti diketahui, Bappenas telah menyelenggarakan PPD, yakni ajang penghargaan kepada pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota terbaik di Indonesia dalam hal perencanaan pembangunan.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif