Taspen menyediakan fasilitas khusus disabilitas bagi peserta atau pemohon informasi publik, berupa kursi roda, hand railing tangga, dan toilet khusus disabilitas pada kantor Taspen se-Indonesia. Selain itu, Taspen juga memiliki fitur ramah disabilitas pada website utama dan website pelayanan informasi publik Taspen.
"Taspen telah menghadirkan beberapa fasilitas ramah disabilitas maupun skema pelayanan khusus bagi peserta disabilitas untuk memudahkan peserta mendapatkan pelayanan," kata Corporate Secretary Taspen Yoka Krisma Wijaya dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 20 September 2023.
Atas beberapa upaya tersebut, Taspen meraih Penghargaan Dalam Melaksanakan Pelayanan Informasi Publik Ramah Disabilitas dari Komisi Informasi Publik (KIP) Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan langsung oleh Komisioner KIP Samrotunnajah Ismail didampingi Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro.
"Penghargaan ini dapat menjadi pemicu bagi Taspen untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh peserta ASN/Pensiunan sehingga Taspen dapat menjadi perusahaan dengan pelayanan publik terbaik," ujar Yoka.
Baca juga: Taspen Catat Kenaikan Imbal Hasil 27,72% di Atas Industri |
Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro mengatakan, pihaknya menghargai peran seluruh badan publik yang senantiasa mematuhi prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas, termasuk memberikan akses yang lebih baik kepada masyarakat berkebutuhan khusus.
"Diharapkan, penghargaan yang diberikan kepada seluruh badan publik yang telah menyediakan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas, dapat terus meningkat, sehingga dapat membantu masyarakat dan berkontribusi tinggi kepada kesejahteraan masyarakat Indonesia," ungkapnya.
Upaya menghadirkan fasilitas maupun program layanan ramah disabilitas diharapkan dapat menjadi wujud aktif Taspen dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh peserta. Hingga Agustus 2023, Taspen memiliki 3,7 juta peserta aktif dan 3 juta peserta pensiunan.
"Ke depan, Taspen akan terus meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan aksesibilitas informasi produk dan layanan bagi peserta, serta meningkatkan pelayanan di seluruh kanal aduan resmi untuk memudahkan peserta Taspen di Indonesia mendapatkan pelayanan terbaik," kata Yoka.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News