Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan menyampaikan bahwa penyelenggaraan pameran SME Market 2024 bertujuan untuk memperkenalkan serta mempromosikan berbagai UMK kepada kalangan yang lebih luas.
“Pameran SME Market 2024 ini digelar dengan tujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan produk-produk buatan UMK lokal kepada khalayak luas. Kami berharap agar usaha-usaha ini bisa memperluas jangkauannya tidak hanya pada tingkat lokal namun juga mampu menembus pasar nasional,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Senin, 14 Oktober 2024.
Sebanyak 20 UMK di bidang craft, food & beverage dan fashion mengikuti pameran selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu, 11-13 Oktober 2024. Pameran ini mendapatkan respons positif melihat antusiasme dari para pengunjung yang cukup banyak serta total penjualan para mitra binaan yang menunjukan hasil positif.
“Kami optimis dengan dukungan yang tepat mereka akan mampu bersaing di kancah internasional atau global. Selain itu, kami melihat adanya peningkatan dalam jumlah pengunjung serta angka penjualan yang cukup memuaskan menunjukan bahwa pameran kami dapat dikatakan berhasil dilaksanakan,” ucap Eko.
| Baca juga: Cara Meningkatkan Daya Saing Pelaku UMKM |
Pemilik usaha Avana Scarf yang merupakan salah satu UMK binaan Pertamina Nancy Artha berbagi cerita mengenai perjalanan bisnisnya serta motivasi di balik keikutsertaannya dalam UMK Academy. Ia mengaku banyak mendapat pengetahuan berbisnis untuk usaha yang dimulai dari menjual hijab pada 2019 lalu.
“Perasaan saya sangat bahagia sekali karena dapat kesempatan untuk hasil produksi kami dan berterima kasih kepada Pertamina yang memberikan kesempatan kepada kami. Harapannya semoga kami bisa lebih berkembang lagi dan bisa mendapatkan kesempatan untuk lebih maju lagi,” kata Nancy.
Sementara pemilik usaha bros Exobroch (Exotic Bros) Bunga mengungkapkan,motivasinya mengikuti UMK Academy adalah keinginan untuk memperluas pasar. Bisnis yang dimulai sejak 2012 dengan memproduksi bros, kemudian berkembang pada 2015 dengan menambah produk mukena dengan pola eksotik.
“Dari informasi yang didapatkan dari sosial media mencoba mendaftar ke UMK Academy dan lolos seleksi masuk sebagai peserta kelas 1. Harapan saya tentunya semoga bisa terus berkembang dan penjualan meningkat, salah satunya dengan berkolaborasi dengan Mitra Binaan lainnya yang menjual produk craft,” ujarnya.
Tidak hanya menyediakan talkshow, workshop, fun games dan interview bersama mitra binaan UMK Academy, pameran ini juga memberikan penghargaan bagi para mitra binaannya. Penghargaan meliputi tenant terunik, tenant dengan penjualan terbanyak, serta tenant dengan pengunjung terbanyak.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News