Ilustrasi influencer. Foto: Freepik
Ilustrasi influencer. Foto: Freepik

Strategi Influencer Marketing, Cara Mujarab Brand Naikkan Penjualan

Annisa ayu artanti • 25 Januari 2023 18:16
Jakarta: Menggaet influencer dalam menjalankan strategi marketing semakin lumrah dilakukan di era digital saat ini.
 
Pemasaran melalui influencer dinilai lebih menguntungkan ketimbang pemasaran lewat media lainnya, terlebih influencer yang diajak kerjasama telah memiliki jumlah pengikut atau followers yang banyak.
 
Influencer marketing pun tidak melulu melibatkan artis yang sering berlalu-lalang di layar TV tetapi orang-orang kreatif di sosial media.
 
Adapun beberapa profesi yang bisa terlibat menjadi seorang influencer marketing adalah YouTuber, blogger, serta public figure.
 
Baca juga: Jadi Profesi Menjanjikan, Apa itu Influencer?

Lalu apa sebenarnya influencer marketing?

Melansir laman sproutsocial.cominfluencer marketing merupakan cara mempromosikan suatu barang dan jasa melalui sosial media para influencer atau orang yang berpengaruh.
 
Merangkum berbagai sumber, cara pemasaran melalui influencer marketing pun dinilai lebih berhasil. Pasalnya, para influencer yang diajak bekerja sama dengan perusahaan telah memiliki branding tersendiri dan biasanya para followers mereka mempercayai apa yang mereka rekomendasikan.
 
Baca juga: Profesi Content Creator Digandrungi Anak Muda, Apa Itu?

Cara influencer mempromosikan barang atau jasa

Kalian pasti tidak asing dengan kode diskon dan giveaway yang sering kali disematkan oleh seorang influencer ketika mempromosikan suatu brand.
 
Dua hal tersebut adalah cara yang paling banyak dilakukan untuk mempromosikan keunggulan suatu produk oleh influencer.
 
Kode Diskon
 
Biasanya influencer membagikan kode unik yang bisa digunakan oleh followersnya untuk membeli suatu produk. Cara inipun mujarab bagi suatu brand, karena penjualannya pasti terkerek dengan iming-iming diskon tersebut.
 
Giveaway
 
Sementara itu giveaway adalah cara lainnya untuk meningkatkan engagement followers kepada suatu brand dan membuka kemungkinan bagi followers membeli atau menggunakan barang atau jasa.
 
Sering kali, giveaway dilakukan dengan melontarkan pertanyaan kepada followers, membagikan story Instagram mengenai produk atau jasa, hingga meninggalkan komentar, serta tag teman.
 
Semakin mudah syarat giveaway, semakin banyak pula followers yang berpartisipasi.
 
Yuk sobat Medcom coba mulai karier menjadi influencer marketing!
  
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif