Ilustrasi data survei. Foto: Medcom.id.
Ilustrasi data survei. Foto: Medcom.id.

Data Survei Hasilkan Kebijakan Tepat Sasaran

Antara • 07 Agustus 2022 11:37
Samarinda: Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ricky Perdana Gozali mengatakan pihaknya membutuhkan data survei yang lengkap, akurat, kini, dan utuh (LAKU) untuk menghasilkan kebijakan yang tepat sasaran.
 
baca juga: Survei BI: Minggu Pertama Agustus Deflasi 0,08%

"Untuk memperoleh data yang LAKU, hal ini tentu merupakan tantangan tersendiri di tengah kondisi ketidakpastian global dan momentum berlanjutnya pemulihan ekonomi saat ini," ujar Ricky dikutip dari Antara, Minggu, 7 Agustus 2022.
 
Untuk itu, pihaknya melakukan penguatan kapasitas dan kompetensi bagi enumerator dalam pelaksanaan survei Bank Indonesia di wilayah Kaltim, yakni dilakukan pada 3-4 Agustus 2022 di Balikpapan.
 
Penguatan kapasitas dan kompetensi enumerator diperlukan agar kualitas data yang diperoleh dapat mendukung asesmen, termasuk untuk menganalisa perkembangan ekonomi daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui penyelenggaraan Forum Enumerator yang digelar di Kota Balikpapan selama dua hari tersebut, lanjutnya, diharapkan mereka mahir dalam proses penyaringan hingga pengolahan data saat survei maupun riset.
 
Dalam penguatan kapasitas bagi enumerator tersebut dihadiri juga oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kota Balikpapan Bambang Setyo Pambudi.
 
Peserta dalam kegiatan ini adalah petugas survei yang berada di bawah naungan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim dan Bank Indonesia Kota Balikpapan.
 
Peserta yang mendapat pelatihan adalah petugas Survei Pemantauan Harga (SPH), Survel Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), Survei Konsumen (SK), Survei Harga Properti Residensial (SHPR), Survei Perkembangan Properti Komersial (SPPKom), dan Survei Penjualan Eceran (SPE).
 
Pelatihan ini mengangkat tema "Penguatan Kapasitas Enumerator dalam Rangka Rangka Mendukung Asesmen dan Analisis Perkembangan Ekonomi Daerah di Tengah Tren Pemulihan Ekonomi Nasional".
 
"Pelatihan melalui Forum Enumerator ini merupakan kegiatan berkala yang dilakukan oleh Bank Indonesia Provinsi Kaltim sebagai upaya mendukung pelaksanaan fungsi advisory melalui rekomendasi kebijakan yang tepat dan berkualitas," ujar Ricky.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif