Ekonomi daerah. Foto : Kemenpar.
Ekonomi daerah. Foto : Kemenpar.

KPPOD: Daya Saing Daerah Berkelanjutan Kunci Utama Pemulihan Indonesia

Ekonomi Daya Saing pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Antara • 08 Oktober 2020 13:18

 
"Sehingga kita perlu melakukan eksplorasi potensi daerah sebagai sumber pertumbuhan dengan tetap mempertimbangkan keseimbangan empat pilar daya saing berkelanjutan," jelasnya.
 
Selain eksplorasi potensi, Susan menambahkan optimalisasi UMKM atau industri rumahan juga bisa jadi cara mendorong daya saing daerah berkelanjutan. Upaya lainnya, yakni mendorong ekowisata dan agroindustri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Manajer Pilar Pembangunan Ekonomi, Sekretariat SDGs Kementerian PPN/Bappenas Setyo Budiantoro mengatakan daya saing berkelanjutan menjadi titik tengah aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan bisa berjalan beriringan.
 
"Sustainability (keberlanjutan) ini penting, karena akan membuat daya saing berkelanjutan. Dan Sustainable Development Goals (SDGs/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) menjabarkan ini secara rinci dan membantu kita ke depan," katanya.
 
Budi menuturkan dari 17 SDGs, ada 319 indikator yang harus dicapai Indonesia melalui rencana aksi nasional dan rencana aksi daerah.
 
"SDGs ini sudah diarusutamakan dalam RPJMN. Maka dengan kita melaksanakan SDGs juga artinya melaksanakan pembangunan Indonesia," katanya.
 
(SAW)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif