Presiden Joko Widodo saat pidato kenegaraan Sidang Tahunan MPR 2020. Foto: tangkapan layar Youtube/Medcom.id.
Presiden Joko Widodo saat pidato kenegaraan Sidang Tahunan MPR 2020. Foto: tangkapan layar Youtube/Medcom.id.

Sidang Tahunan MPR RI 2020

Live: Food Estate Memperkuat Cadangan Pangan Nasional

Ekonomi jokowi pangan Nota Keuangan Food Estate Sidang Tahunan MPR RI 2020 Pidato Presiden
Ilham wibowo • 14 Agustus 2020 10:35
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa proyeksi krisis pangan di Tanah Air selama menghadapi pandemi covid-19 jadi prioritas perhatian. Peningkatan cadangan pangan terus diperkuat dengan menghadirkan lumbung pangan baru atau food estate.
 
"Food estate sedang dibangun untuk memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan Sidang Tahunan MPR 2020, di Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Menurut Jokowi, saat ini Pemerintah sedang mengembangkan proyek food estate di Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Sumatra Utara. Dua wilayah tersebut akan jadi percontohan yang nantinya dilakukan pula di beberapa daerah lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Food Estate Jaga Produksi Pangan di Musim Kemarau
 
"Bukan lagi menggunakan cara-cara manual, tetapi menggunakan teknologi modern dan pemanfaatan kecanggihan digital. Bukan hanya untuk pasar domestik, tetapi juga untuk pasar internasional," ungkapnya.
 
Program ini, lanjut Jokowi merupakan sinergi antara pemerintah, pelaku swasta, dan masyarakat sebagai pemilik lahan maupun sebagai tenaga kerja. Ketahanan pangan diupayakan terus terjamin dengan kelancaran rantai pasokan makanan dari hulu produksi sampai hilir distribusi, ke seluruh wilayah negeri.
 
"Efisiensi produksi pangan, peningkatan nilai tambah bagi petani, penguatan koperasi, dan metode korporasi petani akan terus ditingkatkan," ucapnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif