Di Kota Dumai, PGN melaksanakan gas in pada salah satu UMKM yang telah berdiri selama 22 tahun yaitu Rumah Makan Fitria Sari. Pengelola Rumah Makan Fitria Sari, Saddam Ramon mengatakan pertimbangan memilih gas bumi karena harganya yang ekonomis. Lalu dari segi keamanan dan kepraktisan yang bisa digunakan, karena gas mengalir 24 jam.
Ia mengatakan penggunaan gas bumi menciptakan penghematan. Dalam sebulan diperkirakan biaya yang dikeluarkan menjadi sekitar Rp8,5 juta, sehingga bisa didapatkan penghematan lebih dari 33 persen.
"Rumah Makan Fitria Sari merupakan pelanggan komersial pertama PGN di Kota Dumai dan Provinsi Riau, diharapkan pelanggan UMKM Kota Dumai bisa bertambah dalam menggunakan gas PGN dan UMKM mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya karena menggunakan gas bisa menekan biaya produksi dan keuntungan lainnya," ujar Sales Area Head Dumai PGN, Arief Nurrachman dalam keterangan resmi, Selasa, 3 November 2020.
Arief mengatakan Rumah Makan Fitria Sari berencana akan mengembangkan pelayanan kepada pelanggannya dengan memanfaatkan lokasi yang berada di lantai dua sebagai lokasi VIP dan meeting room. Diharapkan dengan menggunakan energi baik gas bumi, PGN dapat lebih memuluskan rencana tersebut.
Selain itu, di area Batam terdapat dua pelanggan baru yakni Blue Fire dan Port House yang berlokasi di New Harbour Bay Reklamasi dan menjadi tempat favorit khususnya anak-anak muda. Efek keamanan dan efisien menjadi pertimbangan utama UMKM tersebut untuk beralih menggunakan gas PGN. Estimasi penghematan yang bisa didapatkan sekitar Rp2 juta-Rp3 juta per bulan.
Selanjutnya, di wilayah Palembang terdapat penambahan pelanggan baru yakni Rumah Makan Soponyono, Restoran Letkis’s, dan Hotel Classie. Sales Area Head Palembang, Agus Muhammad Mirza menjelaskan untuk dua restoran tersebut tergolong sebagai Pelanggan kecil 2 dengan estimasi pemakaian gas 50-1.000 metrik kubik per bulan. Sedangkan, Hotel Classie tergolong sebagai pelanggan bronze 1 dengan estimasi pemakaian sekitar 1.000-10 ribu metrik kubik per bulan.
Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama penambahan pelanggan komersial menunjukkan perekonomian sudah mulai bergeliat kembali di masa pandemik. PGN berkomitmen menjadi bagian dari solusi untuk meningkatkan kemampuan pelanggan di sektor UMKM di berbagai wilayah agar dapat mandiri dan berdaya saing.
"Dengan efisiensi biaya energi, akan dapat menunjang peningkatan produksi, pengembangan usaha, dan menyerap lebih banyak tenaga kerja. Dengan demikian, diharapkan mampu menunjang pembangunan ekonomi daerah yang berkelanjutan," tutup Rachmat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News