Ketua Bidang II BPD HIPMI Jaya Andrew De Bratakusumah mengatakan, salah satu upaya untuk mengembangkan bisnis yang bisa dilakukan pelaku usaha adalah melalui penawaran sebagian saham perusahaan kepada publik atau Initial Public Offering (IPO).
Andrew menjelaskan, go public bukan hanya sekedar meraih pendanaan dari pasar modal. Lebih dari itu, ia menilai, IPO akan mendorong para pelaku usaha untuk lebih memperhatikan tata kelola perusahaan yang baik karena emiten diawasi oleh berbagai lembaga.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
"Saat IPO atau go public, nomor satu pasti berpikir bagaimana mendapatkan modal. Tapi ternyata banyak hal selain modal, karena yang penting itu reputasi. Dengan IPO, kita diawasi oleh Bursa Efek, OJK dan banyak lembaga maka good corporate governance akan terbentuk," kata dia dalam seminar 'Let's Grow Big with IPO' di Jakarta, Rabu, 30 November 2022.
Namun demikian, banyak pengusaha yang belum memiliki pengetahuan yang holistik mengenai IPO, kelebihan, keuntungan atau konsekuensinya, serta proses dari IPO. Pada akhirnya ketidaktahuan tersebut berakhir dengan kesimpulan bahwa go public tidaklah mudah.
Oleh karena itu, HIPMI Jaya mengajak para pelaku usaha yang menjadi anggotanya untuk mempersiapkan diri menjadi perusahaan terbuka di pasar modal. Hingga tahun depan, Andrew berharap setidaknya ada satu anggota HIPMI Jaya bisa melantai di Bursa Efek Indonesia.
"BEI kan memberikan target enam bulan untuk mempersiapkan laporan keuangan. Misal mulai bulan ini, jadi nanti Januari sampai Juni bisa mulai administrasi dirapihkan dan insyaAllah Juli bisa setor dokumen ke BEI dan akhir tahun (2023) bisa ada yang IPO," ujar Andrew.
Baca juga: BEI Targetkan 57 Perusahaan IPO di 2023 |
HIPMI Jaya, lanjut dia, juga akan memfasilitasi perusahaan yang ingin IPO dengan memberikan edukasi dan sosialisasi. Dengan banyaknya pelaku usaha yang IPO ia juga berharap akan semakin memperkuat industri keuangan Indonesia guna mendukung perekonomian.
"Dengan IPO ke depannya kita punya company bisa lebih profesional karena kalau kita punya company lebih profesional lebih ber-value. Dengan value yang semakin tinggi, maka itu akan kembali ke kita sendiri dan para stakeholder-nya dan akan menjadi ekosistem baru yang lebih valueable," ungkapnya.