Ilustrasi mudik naik motor - - Foto: dok MI
Ilustrasi mudik naik motor - - Foto: dok MI

Kemenhub Siap Angkut 9.280 Motor saat Mudik Gratis

Ekonomi Mudik Lebaran Sepeda Motor Kementerian Perhubungan Kereta Api Jarak Jauh Mudik Lebaran 2022
Insi Nantika Jelita • 21 April 2022 13:45
Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) siap mengangkut 9.280 motor dalam mudik gratis 2022.
 
Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) melalui kereta api ini untuk menarik minat masyarakat agar beralih dari kendaraan roda dua saat arus mudik dan memanfaatkan program Motis ini angkutan Lebaran.
 
"Diprediksi ada 85 juta masyarakat akan melakukan perjalanan mudik tahun ini. Tentu antusiasme yang besar ini perlu kita antisipasi agar mudik berjalan aman dan selamat," ucap Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dalam siaran pers, Kamis, 21 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada angkutan Motis 2022 ini, DJKA menunjuk KAI Group melalui KAI Logistik untuk melayani angkutan Motis 2022 dengan waktu pelaksanaan angkutan mulai 26 April-09 Mei 2022.
 
Program ini akan dibuka juga untuk penumpang yang mudik dengan menggunakan bus atau travel, selain bagi penumpang kereta api yang telah memiliki tiket yang selama ini dilaksanakan.
 
Direktur Utama KAI Logistik, TLN. Ahmad Malik Syah, menjelaskan pendaftaran angkutan Motis mulai dibuka hari ini hingga 8 Mei 2022 dengan menyesuaikan ketersediaan kuota.
 
Peserta dapat melakukan pendaftaran baik secara online melalui bit.ly/motis2022 ataupun pendaftaran secara langsung dengan mengunjungi stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.
 
“Ini merupakan kali kedua KAI Logistik kembali ditugaskan sebagai pelaksana kegiatan angkutan motor gratis," ucapnya.
 
Angkutan Motis 2022 siap mengangkut 9.280 motor untuk arus mudik dan balik sesuai dengan kuota yang disediakan oleh Pemerintah,” tutup pria yang akrab disapa Malik.
 
Angkutan Motis ini melayani berbagai rute dengan perjalanan pulang pergi (PP) dan tersedia di dua jalur yaitu Lintas Utara dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan.
 
Kemudian, Stasiun Semarang Tawang dan untuk Lintas Selatan dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari.
 
Dalam angkutan Motis Ini, Pemerintah menyediakan kuota harian sejumlah 928 unit motor yang diangkut menggunakan dua kereta api dengan rangkaian masing-masing delapan gerbong bagasi (Gerbong B).
 
Program ini akan berjalan setiap hari selama periode arus mudik pada 26-30 April 2022 yang kemudian dilanjutkan periode arus balik pada 05-09 Mei 2022. Selama pengiriman motor, peserta juga dapat melakukan pelacakan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access maupun website kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor resi pengiriman.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif