Ilustrasi industri penerbangan RI pulih - - Foto: Medcom
Ilustrasi industri penerbangan RI pulih - - Foto: Medcom

Hore! Industri Penerbangan RI Pulih

Insi Nantika Jelita • 17 Mei 2022 13:03
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengeklaim industri penerbangan Tanah Air akhirnya pulih setelah dua tahun dihantam pandemi covid-19.
 
Pemulihan ini ditandai dengan tingginya trafik penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang mencapai 1.070 kali per hari. Angka itu mendekati pencapaian sebelum pandemi yang berkisar 1.200 pergerakan per hari.

 
"Indonesia, menurut hemat saya, adalah satu negara yang terlihat sekali proses recovery-nya. Tadinya di Soetta hanya tersisa 20 persen pergerakan akibat pandemi, sekarang sudah 95 persen," ujar Budi, dikutip Selasa, 17 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil baik itu, sambung dia, juga berasal dari upaya yang jauh lebih efektif. Pasalnya, saat ini, total pesawat terbang yang beroperasi hanya sebanyak 350 unit. Dulu, sebelum pandemi, jumlah burung besi yang mengudara mencapai 550 unit.
 
"Ini berkat strategi Dirjen Perhubungan Udara yang mendisiplinkan pergerakan pesawat sehingga lebih maksimal. Satu pesawat yang dulunya hanya melakukan empat atau lima kali lepas landas, ditingkatkan menjadi tujuh atau delapan kali sehingga efisiensi terjadi," jelasnya.

 
"Ini capaian yang perlu kita sampaikan ke internasional bahwa market Indonesia menjanjikan," jelasnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif