Menteri BUMN Erick Tohir. Foto : Medcom/Suci.
Menteri BUMN Erick Tohir. Foto : Medcom/Suci.

Pekan Ini, RS Pertamina Jaya Siap Terima Pasien Korona

Ekonomi pertamina
Suci Sedya Utami • 06 April 2020 20:16
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadikan RS Pertamina Jaya (RSPJ) yang dipusatkan di Hotel Patra Jasa Jakarta sebagai rumah sakit darurat dan rujukan penanganan covid-19.
 
Dalam kunjungannya untuk meninjau kesiapan fasilitas tersebut Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan RSPJ akan siap beroperasi sebagai rujukan pasien korona pada pekan ini. Ia bilang termasuk juga dengan fasilitas laboratorium.
 
"Kita harap empat hari lagi bisa operasinal dan beserta lab-nya," kata Erick dalam kunjungan tersebut, Senin, 6 April 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erick mengatakan BUMN baru saja mendatangkan satu alat atau mesin raksasa untuk tes covid-19. Alat tersebut didatangkan dari perusahaan asal Swiss, Roche. Ia bilang alat itu saat ini diujicobakan di RSPJ. Erick mengatakan akan ada tambahan alat serupa di akhir bulan.
 
"Kita berharap di akhir bulan jumlahnya sembilan lagi, nanti kita distribusikan di tempat-tempat penting, Jateng, Jabar, Jatim dan lain-lain. Mudah-mudahan ini menjadi bagian bagaimana kami bisa bersinergi," jelas Erick.
 
Direktur Utama PR Pertamina Bina Medika-IHC (Pertamedika) Fathema Djan Rachmat mengatakan dalam waktu tiga pekan pihaknya mencoba untuk merampungkan persiapan. Saat ini terdapat bangunan ruang rawat 160 tempat tidur modular di arena hotel Patra Jasa.
 
Ia bilang rehabilitasi dilakukan untuk ruang tempat tidur setingkat intensive Care Unit (ICU) dan Non ICU, laboratorium diagnostic, radiologi serta ruang IGD serta fasilitas pendukung lainnya di RSPJ. Perbaikan area lantai 2 dan 3 sebanyak 48 ruang di RSPJ meliputi pekerjaan arsitektur, plumbing, gas medis, elektrikal, elektronika dan pengadaan instalasi AHU.
 
RS Pertamina Jaya juga dilengkapi dengan Command Center yang akan mengoneksikan 65 Rumah Sakit BUMN di seluruh Indonesia. Sehingga masing-masing bisa mengetahui di mana rumah sakit yang kekurangan alat dan juga di mana rumah sakit yang masih tersedia kamar. Dengan adanya command center ini memudahkan untuk antisipasi pasien dan juga memastikan layanan prima untuk pasien.
 
Seluruh ruang kamar di RSPJ akan difungsikan khusus untuk menangani pasien covid-19. Pertamina menyiapkan sebanyak 65 kamar isolasi dengan Negative Pressure untuk merawat pasien yang positif covid-19. Fasilitas kesehatan yang disiapkan baik di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Hotel Patra Jasa dan RSPJ mengikuti standar yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO).
 
Khusus untuk laboratorium, kini sudah siap alat test dari Roche yang mampu melakukan tes 1.300 sampel setiap harinya. Alat ini akan menganalisa asam nukleat yang diekstraksi dari air liur atau lendir pasien dan membandingkannya dengan urutan yang ditemukan pada strain virus corona dan dapat memberikan hasil tes dalam waktu empat jam.
 
Berdasarkan pada teknologi polymerase chain reaction (PCR), sistem ini memberikan kinerja yang terbukti dengan otomatisasi penuh, peningkatan efisiensi, waktu penyelesaian yang cepat, dan konektivitas trek lengkap yang divalidasi untuk pengujian molekuler.
 
Selain mengoptimalkan 65 Rumah Sakit BUMN di seluruh Indonesia, menyiapkan infrastruktur RS darurat khusus covid-19, BUMN secara bahu membahu sudah melakukan banyak hal seperti santunan untuk tenaga kesehatan, distribusi alat kesehatan yang dibutuhkan seperti masker, alat perlindungan diri (APD), hand sanitizer ditambah lagi bantuan sembako untuk mereka yang terdampak.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif