Illustrasi - - Foto: MI/ROMMY PUJIANTO
Illustrasi - - Foto: MI/ROMMY PUJIANTO

Aprindo Pastikan Gerai Ritel Tetap Buka

Ekonomi Virus Korona ritel
Suci Sedya Utami • 28 Maret 2020 16:36
Jakarta: Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memastikan gerai ritel tetap beroperasi di tengah pandemi covid-19. Hal tersebut untuk menjamin ketersedian pasokan bahan pokok dan pangan dalam kondisi darurat virus korona.
 
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aprindo Roy Nicholas Mandey asosiasi memiliki tipe retail moderen yang sangat lengkap. Mulai dari minimarket, supermarket, hypermarket, grosir, departement store hingga speciality store. Jumlah anggota Aprindo pun mencapai 600 dengan 45 ribu gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.
 
"Semua retail moderen anggota Aprindo yang menjual kebutuhan pangan atau pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pasti masih tetap buka," kata Roy kepada Medcom.id, Sabtu, 28 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Roy menjelaskan gerai ritel yang berada di dalam mal tetap buka meski pusat perbelanjaan sudah mengurangi atau menutup jam operasionalnya. Pasokan kebutuhan pokok terutama pangan dipastikan masih aman dan tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadan.
 
Selain pasokan, harga bahan pokok di ritel moderen dipastikan stabil atau sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET). Menurutnya, ritel modern tidak bisa menerapkan harga sesuka hati layaknya pasar tradisional.
 
"Jadi pasokan aman terjaga dan terkoordinir serta harga stabil. Tidak ada kenaikan harga," ujar Roy.
 
Demi menjaga pasokan dan harga stabil, Aprindo telah berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) pangan dan pihak kepolisian, khususnya mengawasi praktik pemborongan dan panic buying. Ia tidak ingin aksi oknum atau spekulan yang memborong atau menimbun dengan tujuan meraup untung dalam kondisi darurat.
 
"Untuk itu belanjalah yang normal sesuai kebutuhan, karena pasokan kita pasti sediakan, aman," tutur dia.
 
Aprindo pun menerapkan kebijakan jaga jarak bagi konsumen yang melakukan pembelian langsung ke gerai ritel. Pelanggan akan diperiksa suhu tubuhnya, serta menerapkan jarak terutama pada saat antre di kasir.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif