Ilustrasi koperasi. Foto: Dok/Media Indonesia
Ilustrasi koperasi. Foto: Dok/Media Indonesia

Pegiat Koperasi Menolak Berada di Bawah Pengawasan OJK

Imanuel R Matatula • 18 November 2022 22:01
Jakarta: Tugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan bertambah seiring dibahasnya rancangan undang-undang tentang pengembangan dan penguatan sektor keuangan alias omnibus law keuangan.
 
Tugas baru yang akan dibebankan kepada OJK adalah mengawasi, memberikan izin, hingga mencabut izin operasional koperasi simpan pinjam. Namun skema pengawasan koperasi oleh OJK menuai protes dari Forum Komunikasi Koperasi Indonesia (Forkopi).
 
“Karena kami khawatir jika dibawah OJK, sifat-sifat atau prinsip koperasinya akan menjadi hilang. Lambat laun kita akan dibawa menjadi kapitalis,” kata Ketua Forkopi Andy Arslan Djunaid dalam tayangan Metro TV, Jumat, 18 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


OJK dinilai tidak cocok mengawasi kinerja koperasi dan menyalahi jatidiri koperasi dengan prinsip kekeluargaan, tolong menolong, dan gotong royong. Pengawasan dan pembinaan koperasi diminta tetap di bawah Kementerian Koperasi dan UKM.
 
Baca juga: 5 Alasan Forkopi Agar Koperasi Tak di Bawah Pengawasan OJK

 
Penolakan OJK mengawasi koperasi ditanggapi positif anggota DPR RI. Aspirasi ini akan dibawa dalam rapat pembahasan RUU pengembangan dan penguatan sektor keuangan yang masih berlangsung.
 
“Tentu saja kami menerima dengan senang, karena penambahan informasi yang kami dapatkan tentang keinginan dari Forkopi. Saya kira ini menarik bagi kami untuk diperjuangkan di dalam pembahasan,” kata Bendahara Fraksi PPP DPR RI Wartiah.
 
Saat ini pengawasan koperasi berada di Kementerian Koperasi dan UKM. Namun, ketika ada masalah penggelapan dana koperasi, terjadi perdebatan apakah hal tersebut masuk dalam ranah OJK atau tidak. Sehingga OJK dinilai perlu mengawasi koperasi simpan pinjam agar terjadi akuntabilitas sekaligus mencegah penggelapan dana nasabah koperasi simpan pinjam.
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif