Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

PNM Mekaar Berkontribusi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Al Abrar • 09 November 2022 15:39
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melalui PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mendorong pertumbuhan ekonomi nasional lewat program PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar).
 
Salah satu poin yang menjadi target pemerintah yang ikut program diperuntukkan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro yang dikuatkan dengan aktivitas pendampingan usaha dan dilakukan secara berkelompok.
 
Ketua Umum Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Akumandiri) Hermawati Setyorinny mengatakan program PNM Mekaar telah terbukti berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya dari kalangan emak-emak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"PNM Mekaar termasuk program BUMN, yaitu Program untuk membantu nasabah ultra mikro, yang mayoritas pelaku usahanya perempuan berbasis kelompok. Kita tahu, kontribusi para pelaku ekonomi sektor informal buat Indonesia ini besar sekali khususnya perempuan," ujar perempuan yang akrap disapa Rinny ini, Rabu, 9 November 2022. 
 
Baca: Jokowi Instruksikan Swasembada Gula, Erick Thohir Dukung Penuh

Menurutnya, PNM Mekaar berhasil menjadi jembatan akses pembiayaan bagi para emak-emak dengan bantuan pembiayaan untuk mengembangkan usahanya. 
 
“Menurut saya jika dilihat melalui target akses pembiayaan, ya bisa dikatakan program ini berhasil karena penerima manfaat jumlahnya bertambah dari tahun ke tahun. Artinya yang membutuhkan pinjaman usaha para perempuan prasejahtera semakin banyak mendapatkan akses pembiayaan,” ungkapnya.
 
Rinny berharap program ini terus dikuatkan tidak hanya memberikan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukkan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha saja.
 
“Tetapi dibarengi dengan pendidikan, pelatihan, pembinaan, pengembangan, pemasaran bagi usaha mereka. Keberlanjutan usaha mereka harus juga dijaga tetap ada dan berkembang,” harapnya.
 
Selain itu, kata Rinny program PNM Mekaar ini juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi kaum perempuan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.
 
“Termasuk yang terpenting adalah pengetahuan yang berkaitan dengan SDM para perempuan itu sendiri, sehingga tidak hanya sejahtera ekonominya saja tetapi juga sehat mental sehat badan bagi dia dan keluarganya misalnya pengetahuan tentang stunting, Kesehatan perempuan, KDRT atau hal hal yang menunjang bagi kesejahteraan dia sendiri dan keluarga,” tuntasnya.
 
Sebagaimana diketahui, dikutip dari laman PNM.co.id manfaat dari PNM Mekaar yaitu meliputi; Peningkatan pengelolaan keuangan, pembiayaan modal tanpa agunan, penanaman budaya menabung dan kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis.
 
Rinny mengatakan, terdapat lima poin terkait kriteria masyarakat yang hendak ikut dalam program ini. Pertama, layanan PNM Mekaar diperuntukkan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro. Kedua, pembiayaan PNM Mekaar tidak mensyaratkan agunan fisik, melainkan bersifat tanggung renteng kelompok, dengan syarat kedisplinan untuk mengikuti proses Persiapan Pembiayaan dan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM).
 
Ketiga, satu kelompok minimal terdiri dari 10 nasabah. Keempat, setiap kelompok dipimpin oleh seorang ketua.
 
"Dan kelima atau yang terakhir, pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) wajib dilaksanakan satu kali dalam seminggu, sebagai kegiatan untuk membayar angsuran mingguan dan pembinaan usaha," ujar Rinny.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif