Namun terkadang terjadi kesalahan dalam berbelanja online yang mengharuskan terjadi pembatalan pesanan.
Membatalkan pesanan di e-commerce tidak sesulit yang dibayangkan. Begitu juga dengan membatalkan pesanan di Shopee. Kamu bisa membatalkan pesananmu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Jangan takut dana yang sudah keluar tidak akan balik. Dana yang sudah keluar tersebut bisa kamu dapatkan jika pembatalan pesanan dilakukan dengan benar.
Bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee?
Melansir laman Shopee.co.id, Rabu, 15 Februari 2023, kamu dapat membatalkan pesanan dengan mengirimkan permintaan pembatalan. Berikut langkah-langkah yang dilakukan:- Pilih Batalkan Pesanan di halaman Rincian Pesanan.
- Pilih Alasan Pembatalan.
- Pilih Konfirmasi.
| Baca juga: E-Commerce Jadi Andalan Jualan, Mana yang Terfavorit? |
Memeriksa status pengajuan pembatalan
Lalu, setelah melakukan pembatalan kamu dapat melihat secara berkala status pengajuan pembatalan dengan cara ini:- Pilih Pesanan Saya.
- Pilih Tampilkan Rincian Pembatalan pada pesanan.
Apa saja jenis pembatalan pesanan di Shopee?
Ada berbagai jenis pembatalan pesanan yang dilakukan di Shopee, yaitu pembatalan instan, pembatalan noninstan, dan pembatalan otomatis.Pembatalan instan adalah pembatalan yang dilakukan oleh pembeli sebelum penjual mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi, tanpa perlu menunggu respons dari penjual. Setelah pembeli memilih batalkan pesanan diaplikasi, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis.
Pembatalan noninstan adalah pembatalan yang dilakukan oleh pembeli dengan menunggu respons penjual terlebih dahulu. Pembeli dapat memilih batalkan pesanan diaplikasi dan menunggu respons Penjual dalam waktu 1x24 jam.
Jika penjual tidak memberikan respons, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis dalam waktu 1x24 jam berikutnya. Pembatalan noninstan dapat dilakukan oleh pembeli untuk semua jasa kirim setelah penjual mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi, selama paket belum diterima oleh jasa kirim.
Pembatalan otomatis dibatalkan apabila penjual tidak mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi dalam rentang waktu masa pengemasan. Penjual tidak log in ke aplikasi Shopee selama tujuh hari sejak Pembeli membayar pesanan.
Penjual tidak menyerahkan paket ke kurir yang melakukan pick up pesanan/mengantarkan paket ke counter jasa kirim, sehingga resi pengiriman tidak terverifikasi dalam dua hari sejak masa pengemasan berakhir.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id