Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (tengah) - - Foto: dok Kementerian Perdagangan
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (tengah) - - Foto: dok Kementerian Perdagangan

Mendag Perluas Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Inggris

Ekonomi Kementerian Perdagangan kerjasama bilateral indonesia-inggris
Ilham wibowo • 28 Agustus 2020 14:32
Jakarta: Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengincar potensi kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Inggris. Potensi kerja sama tersebut sejalan dengan proposal yang diajukan Inggris untuk menjadi mitra dialog ASEAN.
 
Dalam dialog tersebut dibahas kerja sama Sustainable and Resilient Recovery and Growth dan Digital Innovation on Supporting pasar Mikro Small Medium Enterprises (MSMEs). Termasuk isu global dan regional terkait covid-19, Brexit, dan penyederhanaan tarif Inggris berdasarkan aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).
 
“Saya memiliki keyakinan yang kuat bahwa ekonomi Indonesia dan Inggris akan saling melengkapi, begitu pula antara ASEAN dan Inggris,” ujar Agus melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus menjelaskan total perdagangan bilateral Indonesia dengan Inggris mencapai USD2,4 miliar. Nilai ekspor Indonesia tercatat sebesar USD1,3 miliar dan impor USD1 miliar, sehingga Indonesia surplus USD300 juta.
 
Sementara itu, data statistik Sekretariat ASEAN menunjukkan bahwa Inggris merupakan mitra dagang ASEAN ke-13 dengan total perdagangan 2019 sebesar USD35,7 miliar. Sedangkan untuk investasi, Inggris menempati posisi ke-6 sebagai mitra ASEAN dengan nilai USD7,7 miliar.
 
Potensi kerja sama ekonomi ASEAN dengan Inggris antara lain di bidang ekonomi digital, teknologi finansial, khususnya untuk UMKM dan kerja sama terkait lingkungan. Kemudian di bidang perubahan iklim dan energi dengan mendukung bisnis yang menggunakan dan mengembangkan energi rendah karbon di sektor ekonomi hijau.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif