Menteri BUMN Erick Thohir/Medcom.id
Menteri BUMN Erick Thohir/Medcom.id

Erick Thohir Instruksikan Reaktivasi Jalur KA di Sumbar

Antara • 25 Juni 2022 19:21
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginstruksikan reaktivasi jalur kereta api Sawahlunto-Muoro Kalaban, Sumatra Barat (Sumbar). Instruksi Erick bakal dieksekusi empat BUMN, antara lain PT Kereta Api Indonesia (KAI).
 
“Insya Allah paling lambat Januari 2023 kita bisa melakukan sesuatu di sini dalam rangka untuk pengoperasian KA lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dikutip dari Antara, Sabtu, 25 Juni 2022.
 
Didiek mengatakan pengoperasioan kembali jalur ini memakan waktu enam bulan. Jika dimulai pada awal Juli 2022, maka jalur dapat digunakan kembali pada Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya tengah mengerjakan Mak Itam atau lokomotif uap legendaris dari Sawahlunto. Sudah ada progres pemulihan Mak Itam hingga 15 persen dan diharapkan pemulihan Mak Itam bisa lebih cepat.
 

Baca: Kecam Pelecehan di Kereta Api, Erick Kerahkan Polisi Khusus


PT KAI bakal berkolaborasi dengan tiga BUMN lain yakni PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mengaktifkan kembali jalur itu. Masing-masing BUMN diperkirakan menggelontorkan dana Rp6 miliar untuk mengeksekusi rencana tersebut.
 
Jalur sepanjang 4 km tersebut nantinya akan melayani Kereta Wisata yang akan ditarik Lokomotif Uap E1060 atau lebih dikenal dengan sebutan Mak Itam. Selain itu, pengoperasian jalur ini juga merupakan program dari Pemerintah Kota Sawahlunto guna mendukung Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO sejak 6 Juli 2019.
 
(ADN)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif