Ilustrasi Penumpang Kereta Api. Foto: Dokumentasi KAI
Ilustrasi Penumpang Kereta Api. Foto: Dokumentasi KAI

Cara Membatalkan dan Refund Tiket Kereta Api via Online dan Loket Stasiun

Annisa ayu artanti • 10 Januari 2024 21:49
Jakarta: Membatalkan dan refund tiket perjalanan kereta api tidak sulit.
 
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan dua opsi kepada pelanggan yang ingin membatalkan dan refund tiket KAI yaitu melalui offline dan online.
 
Untuk offline, penumpang dapat mendatangi langsung ke stasiun. Sementara melalui online, penumpang tinggal menggunakan aplikasi KAI Access. 

Syarat pembatalan tiket

Identitas: Pemohon pembatalan harus menunjukkan kartu identitas asli (KTP, SIM, Paspor) sesuai dengan data pemesan tiket.
 
Tiket: Pemohon harus menyerahkan tiket fisik atau salinan boarding pass (untuk pembatalan online) yang sesuai dengan tiket yang ingin dibatalkan.
Formulir pembatalan: Pemohon mengisi formulir pembatalan tiket dengan lengkap dan benar, jika menggunakan metode offline

Biaya pembatalan

Terkait biaya pembatalan akan dikenakan biaya pembatalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, biasanya mulai dari 25 persen hingga 100 persen dari harga tiket. 
 
Baca juga: Begini Cara Klaim Asuransi Jasa Raharja untuk Korban Kecelakaan Kereta Api

Cara membatalkan tiket kereta

Melalui online (melalui aplikasi KAI Access):

  1. Buka aplikasi KAI Access yang sudah terinstal di ponsel Anda.
  2. Pastikan Anda sudah login menggunakan akun yang terdaftar.
  3. Pilih menu "Tiket".
  4. Pada halaman "Tiket", cari tiket kereta api yang ingin dibatalkan.
  5. Tap tombol "Pembatalan" pada tiket tersebut.
  6. Baca dan pahami ketentuan pembatalan tiket, lalu beri tanda centang dan pilih "Lanjut".
  7. Pilih penumpang yang ingin dibatalkan tiketnya.
  8. Konfirmasi pembatalan tiket.
  9. Masukkan PIN KAI Access Anda untuk memverifikasi pembatalan.
  10. Setelah proses pembatalan berhasil, Anda akan menerima notifikasi dan pengembalian dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Melalui offline (di loket stasiun):

  1. Datang ke loket stasiun kereta api terdekat.
  2. Siapkan kartu identitas asli dan fotocopy yang sesuai dengan identitas pemesan tiket.
  3. Ambil formulir pembatalan tiket yang tersedia di loket stasiun.
  4. Isi formulir pembatalan tiket dengan lengkap dan benar.
  5. Serahkan formulir pembatalan tiket yang sudah diisi dan kartu identitas asli kepada petugas loket.
  6. Petugas loket akan memverifikasi data dan memproses pembatalan tiket Anda.
  7. Setelah proses pembatalan berhasil, Anda akan menerima bukti pembatalan tiket dan pengembalian dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara refund tiket kereta

Refund tiket kereta api sebenarnya termasuk dalam proses pembatalan tiket. Jadi, cara refund tiket kereta api pada dasarnya sama dengan cara membatalkan tiket, tergantung pada metode yang anda pilih: 

Online (melalui aplikasi KAI Access):

  1. Ikuti langkah 1-5 seperti yang disebutkan sebelumnya untuk membatalkan tiket.
  2. Setelah konfirmasi pembatalan, proses pengembalian dana akan otomatis dilakukan.
  3. Anda akan menerima notifikasi tentang status pengembalian dana ke rekening bank yang terdaftar pada saat pembelian tiket.
  4. Durasi pengembalian dana tergantung pada bank, biasanya sekitar 3-5 hari kerja.

Offline (di loket stasiun):

  1. Ikuti langkah 1-5 seperti yang disebutkan sebelumnya untuk membatalkan tiket.
  2. Petugas loket akan memproses pembatalan dan menginformasikan ketentuan pengembalian dana.
  3. Anda akan menerima bukti pembatalan tiket yang berisi informasi mengenai perkiraan waktu pengembalian dana.
  4. Pengembalian dana akan ditransfer ke rekening bank yang terdaftar pada saat pembelian tiket.

Daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta

Berikut adalah daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api antarkota di Indonesia:
 
Daerah Operasi I Jakarta: Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bogor Paledang, Jakarta Kota.
Daerah Operasi II Bandung: Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar.
Daerah Operasi III Cirebon: Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Brebes.
Daerah Operasi III Cirebon: Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Brebes.
Daerah Operasi V Purwokerto: Purwokerto, Kroya, Kebumen, Cilacap.
Daerah Operasi VI Yogyakarta: Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Klaten.
Daerah Operasi VII Madiun: Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang, Blitar
Daerah Operasi VIII Surabaya: Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Bojonegoro.
Daerah Operasi IX Jember: Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, Pasuruan.
 
Selain stasiun-stasiun tersebut, pembatalan tiket kereta api antarkota juga dapat dilakukan di loket agen resmi penjualan tiket kereta api di seluruh Indonesia.
 
Ingat ya waktu membatalkan tiket dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Jangan sampai terlambat.
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan