Dalam Barn Raising 2024 “Moving Forward Together for Better Indonesia” puluhan perusahaan yang tergabung dalam B Corporation (B Corp) Community Indonesia mendukung target pembangunan berkelanjutan sekaligus membangun bisnis yang dapat menghadirkan dampak positif bagi keberlanjutan sosial dan lingkungan dari aktivitas bisnis yang dijalankan.
Direktur Perdagangan, Investasi, dan Kerja Sama Ekonomi Internasional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Rosy Wediawaty, mengatakan, B Corp dapat meningkatkan kepedulian pihak swasta dalam pencapaian SDGs. Sertifikasi B Corp juga meningkatkan persaingan yang lebih tinggi di pasar global, yang akan membawa keuntungan bagi perusahaan dan juga pemerintah.
“Sertifikasi B Corp menjadi salah satu bukti nyata komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan dan mewujudkan target Sustainable Development Goals (SDGs) dengan memberikan dampak terhadap aspek lingkungan, pemerintahan, pekerja, konsumen, dan komunitas,” kata dia dilansir di Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024.
Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam berharap para pelaku di industri pariwisata, restoran, hotel, pusat kerajinan, oleh-oleh, kain daerah, bahkan transportasi dapat meniru perusahaan-perusahaan yang sudah bergabung, untuk terlibat secara aktif dalam B Corp Movement. Sebagai regulator, pihaknya tergerak untuk melakukan sesuatu.
“Apalagi industri pariwisata ini sangat berhubungan erat dengan alam secara langsung. Oleh sebab itu kami sangat mendorong para pelaku industri untuk bisa memiliki standar operasi yang tidak hanya mementingkan bisnis, tetapi juga memikirkan dampak lingkungan dan sosial dari bisnis yang dijalankan,” ujar dia.
Baca juga: Cekidot, Ini Cara Membuat Pariwisata Berkualitas |
Hal tersebut juga sejalan dengan visi yang dibawa oleh B Corp Community Indonesia guna mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadikan bisnis sebagai kekuatan utama untuk menghadirkan kebaikan sekaligus menjadi wadah bagi bisnis untuk membawa ke perubahan yang lebih positif.
Selama pandemi, banyak perusahaan mulai menyadari pentingnya keberlanjutan, praktik bisnis yang baik, serta harus menjadi kekuatan untuk membawa kebaikan atau force for good. Saat ini B Corp Community Indonesia sedang melakukan salah satu upaya paling transformatif untuk mendesain ulang standar atau evolusi standard.
“Salah satu aspek terpenting dari standard baru kami adalah kami mendorong perusahaan untuk tidak lagi memilah-milah bidang mana yang ingin mereka perkuat, tetapi kami mencoba membantu perusahaan untuk menghadapi setiap tantangan untuk bisa terus berkembang,” jelas Director, Process and External Verification B Lab Global Isik Oguzretem.
B Corp Community Indonesia merupakan komunitas perusahaan yang telah atau akan melakukan sertifikasi B Corp, yang merupakan sertifikasi global bagi organisasi atau perusahaan yang memiliki standar tinggi dalam menjalankan usahanya baik dari aspek sosial, lingkungan, dan ketenagakerjaan, serta telah menerapkan transparansi publik dan memiliki akuntabilitas yang baik dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial.
Sertifikasi B Corp dikeluarkan oleh B Lab, sebuah organisasi nirlaba global dari Amerika Serikat. Sampai hari ini, sudah lebih dari 8.250 perusahaan berhasil mendapatkan sertifikasi ini di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan ini tersebar di lebih dari 96 negara dan bergerak di 162 bidang industri yang berbeda.
Di Indonesia, sudah terdapat 23 perusahaan yang tersertifikasi B Corp dan diisi oleh nama-nama perusahaan besar yang terkenal memiliki visi untuk berkontribusi pada pembangunan Indonesia yang lebih berkelanjutan seperti Danone Indonesia, PT DCI Indonesia, SukkhaCitta, Jejakin serta Potato Head.
Sebagai salah satu perusahaan Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi B Corp sejak 2018, Danone Indonesia dan AQUA melakukan berbagai inisiatif terkait tata kelola perusahaan, transparansi, keberlanjutan, dan kesejahteraan karyawan. Hal tersebut juga sejalan dengan peta jalan keberlanjutan Danone Impact Journey.
CEO Danone Indonesia Laurent Boissier mengatakan, Danone Indonesia dan AQUA dapat berkontribusi dan mehadirkan dampak positif di tiga area utama, yaitu kesehatan, lingkungan, serta karyawan dan masyarakat. Selain itu hal ini juga merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam mencapai target pencapaian SDGs.
“Bisnis tidak boleh lagi hanya memikirkan tentang keuntungan, tetapi juga harus memikirkan tentang dampak baik yang dibawa oleh bisnis terhadap lingkungan dan masyarakat. Bersama 13 ribu karyawan kami di Indonesia, kami memegang visi besar untuk dapat membangun masa depan Indonesia yang lebih sehat dengan tetap bertanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan,” ujar dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News