"Jadi kalau kita semuanya bersama-sama mengkonsumsi produk-produk lokal khususnya produk UMKM, maka sebenarnya secara tidak langsung kita sudah ikut berkontribusi mendukung pertumbuhan perekonomian negara," ujar Loto dalam keterangan tertulis, Jumat, 28 Juni 2023.
Lota menyampaikan perekonomian Indonesia ditopang oleh UMKM. Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PBD) Indonesia hampir 61 persen dan menyerap sebanyak 97 persen tenaga kerja.
Lebih lanjut, ia mengungkapkan, sebanyak 65 juta UMKM yang ada di Indonesia, 80 persen di antaranya merupakan para perempuan yang menggerakkan perekonomian keluarga.
Baca juga: Lewat PSN, Pemerintah Pangkas Disparitas Harga Antarwilayah |
Pemberdayaan UMKM
Menilik potensi itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menggelar Bazar UMKM untuk Indonesia sebagai bagian dari perayaan 25 tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Acara ini digelar di Lantai Rubanah-Lantai Basement Gedung Sarinah, Jakarta pada 27-30 Juli 2023.
Bazar edisi Juli 2023 ini melanjutkan upaya nyata Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan UMKM daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus memberikan kesempatan para pelaku UMKM untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas dari tiga kategori produk yaitu kuliner, fesyen, kriya, dan produk kecantikan.
Kegiatan bazar yang berlangsung selama empat hari tersebut disemarakkan dengan serangkaian agenda kegiatan peragaan busana dewasa, remaja dan anak-anak, presentasi produk UMKM dari peserta UMKM BNI dan Antam.
Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie menambahkan, kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia juga merupakan ajang untuk memperkenalkan produk-produk mitra binaan dari berbagai unit bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.
"Kami sangat senang memiliki kesempatan untuk bergabung dalam Bazar UMKM Untuk Indonesia pada Juli ini karena bisa memberikan kesempatan kepada para mitra binaan Antam untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk-produk yang dimiliki," kata Faisal.
Event bulanan selama 2023 tersebut menjadi sarana akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dari berbagai daerah dalam memasarkan produknya secara offline di Sarinah Jakarta maupun online melalui platform e-commerce Pasar Digital Indonesia https://padiumkm.id agar dapat lebih dikenal sehingga tercipta transaksi belanja untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News