Ilustrasi ritel di dalam pusat perbelanjaan - - Foto: MI/ Rommy Pujianto
Ilustrasi ritel di dalam pusat perbelanjaan - - Foto: MI/ Rommy Pujianto

Kinerja Pusat Perbelanjaan Diramal Membaik Tahun Depan

Ekonomi ritel PSBB pandemi covid-19 Pusat Perbelanjaan
Ilham wibowo • 16 Oktober 2020 20:53
Jakarta: Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya memprediksi pusat perbelanjaan dan sektor ritel mulai bergairah pada pertengahan tahun depan. Hal ini seiring proses vaksinasi yang akan dimulai akhir 2020 serta pelonggaran PSBB di sejumlah wilayah.
 
"Ekonomi mulai naik, beberapa komoditas juga sudah pasti ikut naik, terutama makanan dan minuman," ungkap Hermawan dalamMarkPlus Industry Roundtable: Retail Industry Perspectiveyang digelar virtual, Jumat, 16 Oktober 2020.
 
Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menambahkan industri ritel akan kembali normal ketika vaksin mulai didistribusikan ke masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setidaknya jika distribusi dilakukan pada kuartal dua 2021, industri ritel akan mulai kembali ke normal pada kuartal tiganya, itu pun dengan banyak perubahan kebiasaan konsumen. Salah satunya datang ke mal tujuan utamanya bukan lagi belanja, tapihangout," ungkapnya.
 
Menurutnya pusat perbelanjaan yang terkoneksi dengan pusat transportasi diperkirakan akan semakin berkembang. Meski kenaikan transaksi online meningkat, kata dia, aktivitasofflinedi pusat perbelanjaan masih tetap akan diminati.
 
"Kalauserviceseperti parking sampaiconsumer loyaltydibuat digital memang harus. Intinya tidak semua bisa ditransformasikan keonlinekarena konsumen tetap butuhexperiencesecara langsung," tuturnya.
 
Waketum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Fernando Repi menyebut pangsa pasar terbesar industri ritel berada di pembelian offline. Meski begitu, penjualanonlinetetap perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing bisnis.
 
"Omnichanneladalah opsi bagi peritel modern. Sehingga diprediksi gerai-gerai ritel di masa depan akan lebih kecil secara ukuran, kurang dari 1.000 meter persegi," kata dia.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif