Ilustrasi bisnis ritel. Foto: MI/Yuniar.
Ilustrasi bisnis ritel. Foto: MI/Yuniar.

Momen Ramadan-Lebaran Belum Buat Daya Beli Meroket, Kenapa Ya?

Husen Miftahudin • 10 Mei 2023 15:18
Jakarta: Pusat perbelanjaan modern dan ritel selama kuartal I-2023, khususnya selama momentum Ramadan dan Lebaran berhasil meraih kinerja positif. Daya beli yang membaik serta pelonggaran kebijakan terkait pandemi, telah mengungkit kinerja sektor riil tersebut.
 
"Hal ini pun diakui asosiasi terkait, kunjungan mal dan kinerja ritel modern memetik pertumbuhan lumayan selama Ramadan dan Lebaran 2023," ungkap Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 10 Mei 2023.
 
Meskipun mengalami kenaikan cukup lumayan, namun nyatanya tingkat pertumbuhan sektor ritel pada saat momen Ramadan dan Lebaran tahun ini belum sesuai ekspektasi.

"Hal itu terlihat dari kinerja omzet yang dijaring para pelaku usaha sektor ritel. Kami MPPA-pun (PT Matahari Putra Prima Tbk) mencatatkan pertumbuhan top line yang lumayan baik, tumbuh di atas lima persen secara tahunan," sebutnya.
 
Hanya saja, John menambahkan, kinerja yang mengkilap dari sektor ritel itu harus dibarengi dengan penetrasi digital. "Semisal, momen Ramadan dan Lebaran kemarin, masyarakat berbelanja tidak sekadar datang secara offline, melainkan pula berburu produk yang dibutuhkan melalui channel digital," katanya.
 
Baca juga: Mau Bisnis Ritel? Kenali Dulu Karakteristik dan Inspirasi Bisnisnya..
 

Harus berinovasi demi dapat nilai tambah


John mengulas hasrat belanja masyarakat umumnya cenderung masih menginginkan adanya interaksi langsung terhadap barang maupun layanan. Di tengah penetrasi teknologi digital yang masif, tentunya sektor ritel pun harus siap melakukan berbagai inovasi guna meningkatkan nilai tambah bagi konsumen.
 
Menurutnya, pasar ritel Indonesia yang sangat besar memang sangat menjanjikan, tetapi dipenuhi dengan kompetisi yang sangat ketat. Karena itu, kunci sukses sektor ritel adalah inovasi yang mengawinkan layanan daring maupun luring atau biasa dikenal sebagai omnichannel.
 
"Yang jelas, omnichannel ini online dan offline harus terintegrasi, bukan sekadar ada tetapi tidak terkoneksi. Inovasi omnichannel inilah yang kami lakukan di Lippo Group, sehingga bisa menawarkan prospek ritel yang baik di masa depan," terang John.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan