Ilustrasi coffee shop. Foto: Freepik
Ilustrasi coffee shop. Foto: Freepik

Orang Indonesia Gemar Kongkow, Bisnis Coffee Shop Bisa Jadi Cuan

Annisa ayu artanti • 05 Mei 2023 10:36
Jakarta: Kongkow adalah salah satu habit yang tidak bisa ditinggalkan bagi generasi milenial hingga generasi Z saat ini. Kongkow adalah salah satu kosakata populer untuk mengajak teman nongkrong atau ngobrol bersama di kafe atau warung kopi.
 
Kebiasaan tersebut membuat jumlah coffee shop semakin menjamur terutama di kota-kota besar. Kamu pun tak akan kesulitan lagi mencari kedai kopi sesuai dengan taste kopi favoritmu.
 
Melihat kondisi itu, tentunya sobat Medcom berpandangan kedai kopi menjadi satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Selain memang karena potensi pasar yang menjanjikan, berdasarkan data Euromonitor volume penjualan kopi siap minum (ready to drink/RTD) di Indonesia terus mengalami peningkatan.
 
Dalam tiga tahun terakhir yakni pada 2020 jumlah kopi RTD sebanyak 214 juta liter, lalu meningkat pada 2021 menjadi 218 juta liter. Kemudian di 2022 juga meningkat menjadi 225 juta liter.
 
Baca juga: Nespresso Gaet Ikon Fashion Chiara Ferragni untuk Eksplorasi Tradisi Kopi Italia

 
Tak hanya itu, berbisnis coffee shop juga memiliki potensi margin profit yang tinggi. Melansir laman dbs.id, bisnis coffee shop terhitung menjadi jenis bisnis yang cukup mudah dijalankan saat ini.
 
Namun, setiap bisnis pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin nyemplung dalam bisnis coffee shop harus memahami hal tersebut.

Kelebihan bisnis coffee shop

Target pasar luas

Minum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi orang Indonesia dari segala kalangan baik pelajar, mahasiswa, karyawan, pengusaha, maupun lanjut usia. Fakta seperti ini tentu menjadikan target pasar dari coffee shop semakin luas.
 
Kamu dapat memanfaatkan kondisi seperti ini untuk membuat semakin banyak konsumen yang datang ke coffee shop.

Omzet harian

Dengan membuka sebuah coffee shop, kamu berkesempatan untuk mendapatkan omzet harian, terutama jika coffee shop milikmu sudah dikenal banyak orang dan tidak pernah sepi pengunjung.
 
Bahkan pada saat hari libur atau akhir pekan, omzet yang didapatkan bisa berkali-kali lipat.

Bisnis jangka panjang

Jumlah konsumen yang tidak terbatas, membuat coffee shop menjadi salah satu jenis usaha yang cocok untuk dijadikan usaha jangka panjang.

Dapat memaksimalkan ruang yang ada

Untuk membuat sebuah coffee shop memang tidak harus mewah, Anda dapat memaksimalkan ruang yang ada dengan tetap memperhatikan penataan ruang yang baik agar konsumen tetap merasa nyaman berada di sana.
 
Baca juga: Penasaran Mau Usaha Bisnis Coffee Shop ? Ini Tipsnya

Kekurangan bisnis coffee shop

Membutuhkan modal besar

Membuka sebuah coffee shop yang menarik tentu membutuhkan modal yang cukup besar, hal ini seringnya menjadi kendala bagi para pengusaha yang ingin memulai bisnis satu ini.

Makanan tidak bisa tahan lama

Setiap makanan yang disediakan tentu harus segera terjual habis agar kamu tidak merugi.
 
Penyimpanan bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang tidak bisa bertahan lama juga menjadi hal yang perlu diperhatikan baik-baik, karena jika kamu terlalu lama menyimpannya, bahan makan tersebut akan mudah busuk dan tidak layak konsumsi sehingga modal yang Anda keluarkan pun akan terbuang sia-sia.

Improvisasi tidak mudah

Untuk melakukan improvisasi terhadap keinginan konsumen juga bukan merupakan hal yang mudah.
 
Konsumen dapat memberikan kesan negatif pada coffee shop kamu jika pelayanan dan cita rasa dari makanan atau minuman yang dihidangkan dinilai buruk.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan