Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno/Kemenparekraf.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno/Kemenparekraf.

Serap Tenaga Kerja, Sandiaga Andalkan Kawasan Ekonomi Khusus

M Sholahadhin Azhar • 26 September 2022 22:27
Jakarta: Penyerapan tenaga kerja menjadi prioritas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dia menyebut hal itu dapat terwujud dengan memaksimalkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).
 
"Sebagai laporan kepada Bapak Presiden juga, bahwa ternyata konsep KEK ini sangat efisien dalam menarik investasi dan sangat efektif dalam mengeksekusi karena kecepatan dan keleluasaan dalam menarik investor masuk," kata Sandiaga Uno melalui keterangan tertulis, Senin, 26 September 2022.
 
Sandiaga mencontohkan kawasan KEK Lido, Bogor. Menurut dia, manfaat KEK Lido mulai bisa dirasakan dengan banyaknya penyerapan tenaga kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dampak dari lapangan kerja yang sudah terserap mencapai 2.600 dari total Rp30 triliun yang akan diinvestasikan beberapa tahun ke depan," kata Sandiaga Uno.
 

Baca: Indonesia Memainkan Peran Penting Ekonomi Digital di Kawasan


Dia menargetkan KEK Lido beroperasi pada akhir 2022. Menurut dia, kawasan tersebut difokuskan untuk pengembangan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis informasi teknologi atau IT.
 
"Seperti Tekno Park atau ekonomi-ekonomi digital yang bisa menarik universitas-universitas di Inggris," kata Sandiaga. 
 
Menurut dia, hal tersebut bakal dipromosikan dalam lawatannya ke Inggris. Sandiaga bakal menyapa pihak terkait di dunia pendidikan Inggris untuk berinvestasi di KEK pariwisata dan ekonomi kreatif ini.
 
"Harapannya, target kita 1,1 juta lapangan kerja baru berkualitas ini bisa terwujudkan dan KEK ini akan menjadi motor pergerak daripada penciptaan lapangan kerja dan kepulihan kita yang lebih cepat," kata Sandiaga.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif