Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Medcom.id/Desi Angriani
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Medcom.id/Desi Angriani

Menteri Teten Optimistis Klaster Koperasi di UU Ciptaker Tak Ada Kontroversi

Ekonomi koperasi Omnibus Law UU Cipta Kerja
Ilham wibowo • 08 Oktober 2020 17:31
Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memastikan pihaknya tidak akan menunda proses penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) di Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker). Aturan mendetail akan dituangkan untuk mendorong kemunculan lapangan kerja dari UMKM dan koperasi.
 
"Apakah harus tunggu judicial review? Saya kira kami tidak harus menunggu karena dari judicial review biasanya kalau ada perbaikan itu lebih ke parsial dan kami optimistis klaster dari koperasi dan UMKM tidak ada yang kontroversi," kata Teten dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 8 Oktober 2020.
 
Teten telah menyiapkan tim khusus agar penyusunan RPP UU Ciptaker bisa tepat waktu, yakni pada November 2020. Sembari berjalan menyusun RPP, Teten juga telah meminta jajarannya mempersiapkan rancangan peraturan Menteri Koperasi dan UKM sebagai regulasi turunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami percepat saja penyusunan RPP untuk memastikan tadi Undang-Undang Cipta Kerja ini menjadi landasan hukum yang lebih kuat, operasional mudah dijalankan untuk UMKM dan koperasi," ujarnya.
 
Teten melanjutkan bahwa pihaknya bakal melibatkan 10 pemangku kepentingan mulai dari asosiasi pelaku usaha, inkubator bisnis hingga akademisi dalam penyusunan RPP. Pemerintah daerah juga diminta menyerap masukan yang menjadi perhatian dan harapan masyarakat terhadap kemajuan UMKM dan koperasi.
 
"Kami harap nanti seluruh pemangku kepentingan punya kontribusi yang sama terhadap rancangan peraturan pemerintah pelaksanaan dari Undang-Undang Cipta Kerja ini," tuturnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif