Pencapaian ini memperkuat posisi Maybank Indonesia sebagai mitra strategis bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.
Atas konsistensinya dalam mendorong kemajuan sektor UKM, Maybank Indonesia dianugerahi penghargaan internasional bergengsi “Indonesia’s Best Bank for SMEs” dari Euromoney Awards for Excellence 2025, mengungguli sejumlah institusi keuangan terkemuka lainnya di Tanah Air.
Segmen SME jadi fokus utama
Segmen SME menjadi salah satu fokus utama pertumbuhan bisnis Maybank Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Sejak akhir 2021, portofolio pembiayaan SME telah tumbuh 21 persen, dari Rp17,3 triliun pada 31 Desember 2021 menjadi Rp22,109 triliun per 31 Desember 2024.Pertumbuhan ini tidak lepas dari strategi yang menyeluruh, mulai dari inovasi digital, efisiensi proses, hingga pendekatan berbasis kebutuhan nasabah.
Head of SME Banking Maybank Indonesia David Wongso menjelaskan, transformasi digital menjadi kunci utama dalam mempercepat layanan kepada pelaku UKM.
Baca juga: Maybank Indonesia Perkuat Ekosistem Keuangan Syariah Lewat Forum Pasar Uang dan Valas |
“Kami berkomitmen memberikan solusi pembiayaan yang cepat, tepat, dan relevan dengan kebutuhan bisnis UKM. Saat ini, proses pengajuan kredit kami dapat diselesaikan hanya dalam waktu 5 hingga 7 hari, salah satu yang tercepat di industri,” tutur David dalam keterangan tertulis, Selasa, 16 September 2025.
Maybank Indonesia juga menyediakan berbagai produk digital inovatif, seperti eBiz PINTAR, pembiayaan tanpa agunan untuk wirausaha pemula, dan eBiz MAXI, solusi pembiayaan modal kerja yang prosesnya sepenuhnya digital, dengan pencairan dana di hari yang sama.
Untuk meningkatkan kenyamanan nasabah, bank juga menerapkan teknologi e-Acceptance dan e-Signing, yang memungkinkan penandatanganan perjanjian pembiayaan secara elektronik tanpa perlu ke cabang.
“Seluruh inisiatif ini merupakan bagian dari upaya kami membangun ekosistem UKM yang inklusif dan berkelanjutan, dengan tetap mengedepankan prinsip customer centricity, sesuai dengan arah strategis Maybank Group melalui kerangka M25+,” tambah David.
Program pemberdayaan perempuan
Tak hanya fokus pada digitalisasi, Maybank Indonesia juga menjalankan program pemberdayaan perempuan bertajuk HERPower, yang menyediakan pembiayaan tanpa jaminan dan pelatihan literasi keuangan untuk UKM yang dikelola oleh perempuan, segmen yang mencakup sekitar 60 persen dari total pelaku UMKM nasional.Melalui pendekatan kolaboratif, Maybank Indonesia terus memperluas kemitraan strategis dalam ekosistem SME guna memperkuat daya saing dan keberlangsungan usaha nasabah di berbagai sektor.
Penghargaan dari Euromoney ini menjadi bukti nyata atas komitmen dan inovasi Maybank Indonesia dalam melayani sektor UKM.
“Pengakuan ini menegaskan kemampuan kami untuk tidak hanya bersaing, tetapi juga unggul di tengah ketatnya persaingan industri perbankan nasional. Kami akan terus memperkuat peran sebagai mitra finansial strategis bagi pelaku UKM, yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia,” kata David.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News