Ilustrasi Trade Expo Indonesia - - Foto: Medcom/ Ilham Wibowo
Ilustrasi Trade Expo Indonesia - - Foto: Medcom/ Ilham Wibowo

Hari Pertama, TEI 2020 Virtual Bukukan Kontrak Rp6,5 Triliun

Ekonomi ekspor Kementerian Perdagangan trade expo indonesia
Ilham wibowo • 11 November 2020 15:00
Jakarta: Pelaksanaan Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition (TEI-VE) 2020 mencatat kontrak dagang sebesar USD467,92 juta atau setara Rp6,5 triliun (kurs Rp14.054 per USD) pada hari pertama. Capaian tersebut diperoleh dari 24 perjanjian atau kontrak pembelian dengan tujuh negara.
 
"Pada hari pertama pelaksanaan TEI-VE, sebanyak 24 MoU kontrak misi pembelian dengan tujuh negara telah ditandatangani dengan total nilai sebesar USD467,92 juta. Kontrak misi pembelian masih akan terus meningkat hingga hari terakhir penyelenggaraan TEI-VE," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melalui keterangan resmi, Rabu, 11 November 2020.
 
Adapun kerja sama tersebut dilakukan dengan Jepang, Belanda, Australia, Singapura, Hungaria, Mesir, dan India. sementara itu, produk-produk yang diminati antara lain adalah makanan olahan, produk kertas, kopi, minyak kelapa sawit, minuman, produk kayu, alas kaki, pupuk batu bara, olahan kelapa, ban, sabun batangan, sapu, dan rempah-rempah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mendag menegaskan program misi pembelian ini dilakukan sebagai upaya peningkatan ekspor nasional dan mendorong langkah pemulihan ekonomi nasional.
 
“Misi pembelian merupakan salah satu skema kegiatan di TEI-VE untuk membantu dunia usaha agar dapat melakukan kesepakatan atau transaksi kontrak dagang,” ungkap Agus.
 
Ia menambahkan antusiasme pelaku usaha pada TEI-VE masih tetap tinggi untuk bisa membuka pasar ekspor baru ke negara nontradisional. Apalagi sebanyak 690 perusahaan berorientasi ekspor terlibat dengan 3.870 pembeli terdaftar dari 109 negara melalui pendaftaran online maupun melalui perwakilan Indonesia di luar negeri.
 
"Walaupun digelar secara virtual, TEI kali ini tidak menyurutkan langkah para pelaku usaha untuk berpartisipasi dan terus mengekspor produknya ke pasar global," pungkas Mendag.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif