Momen penyerang Barcelona Lionel Messi (kiri) berselebrasi dengan Jordi Alba usai mencetak gol ke gawang Leganes (Foto: AFP/Josep Lago)
Momen penyerang Barcelona Lionel Messi (kiri) berselebrasi dengan Jordi Alba usai mencetak gol ke gawang Leganes (Foto: AFP/Josep Lago)

Hantam Leganes, Barcelona Jauhi Kejaran Atletico

Bola barcelona liga spanyol
Patrick Pinaria • 21 Januari 2019 06:41
Barcelona sempat ditahan imbang Leganes dengan skor 1-1 hingga awal babak kedua. Namun, El Barca sukses menaklukkan tim tamu setelah menambah dua gol yang dicetak melalui Luis Suarez dan Lionel Messi.
 
Barcelona
: Barcelona meraih angka penuh saat menjamu Leganes pada jornada ke-20 La Liga Spanyol 2018--2019, Senin 21 Januari dini hari WIB. Pada laga yang digelar di Stadion Camp Nou itu, El Barca memetik kemenangan dengan skor 3-1.
 
Barcelona tampil percaya diri pada laga tersebut. Statistik mencatat tim besutan Ernesto Valverde tersebut mampu bermain dengan penguasaan bola sebanyak 72,2 persen berbanding 27,8 persen dari Leganes.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Sebanyak 15 peluang dihasilkan Barcelona sepanjang laga tersebut. Adapun tim tamu hanya menciptakan lima tembakan.
 
Dominasi Barcelona sudah ditunjukkan sejak awal babak pertama. Namun, mereka cukup kesulitan menembus pertahanan Leganes. Buktinya, tim besutan Ernesto Valverde tersebut baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-32.

Baca: Liga 1 Indonesia 2019 Bergulir Awal Mei

Ousmane Dembele menjadi pencetak gol pembuka untuk Barcelona saat itu. Winger asal Prancis tersebut sukses memanfaatkan umpan Jordi Alba.
 
Leganes tidak patah semangat meski sudah kebobolan. Mereka tetap menunjukkan permainan terbaik dan beberapa kali mengancam pertahanan Barcelona. Hingga akhirnya, tim yang berjuluk Los Pepineros itu mampu menyamakan kedudukan lewat gol Martin Braithwaite pada menit ke-57.
 
Kebobolan tampaknya membuat pelatih Barcelona Ernesto Valverde khawatir. Ia langsung melakukan sejumlah pergantian pemain untuk menambah daya gedor timnya. Beberapa pemain di antaranya yang dimasukkan seperti Ivan Rakitic, Lionel Messi, dan Malcom.
 
Keputusan Valverde memasukkan ketiga pemain itu pun tepat. Dengan kehadiran ketiga pemain itu, Barcelona semakin tampil agresif.
 
Hasilnya, Barcelona sukses kembali unggul pada menit ke-71. Gol tersebut dicetak Luis Suarez setelah meneruskan bola muntah hasil upaya Lionel Messi.

Baca: Umuh Muchtar Sebut Edy Rahmayadi Dikhianati

Pada masa injury time, Barcelona sukses memperbesar keunggulan lewat gol Messi. Mendapat umpan dari Jordi Alba, mega bintang asal Argentina itu menyelesaikannya dengan tembakan kaki kanan.
 
Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan tercipta. Barcelona memastikan kemenangan dengan skor 3-1.
 
Tambahan tiga angka membuat posisi Barcelona tetap kukuh di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 46 poin. Kini, mereka masih unggul lima poin dari Atletico Madrid yang menempati peringkat kedua.
 
Sementara itu, kekalahan membuat Leganes turun ke peringkat ke-14 klasemen sementara dengan mengoleksi 22 poin. Posisi yang membuat mereka terancam masuk zona degradasi. Sebab, mereka hanya terpaut dua poin dari Rayo Vallecano yang berada di peringkat ke-18.
 

Susunan pemain:
 
Barcelona: Marc-Andre ter Stegen, Jordi Alba, Thomas Vermaelen, Gerard Pique, Sergi Roberto, Arthur/Ivan Rakitic (64'), Sergio Busquets, Carles Alena/Lionel Messi (64'), Philippe Coutinho, Luis Suarez, Ousmane Dembele/Malcom (69').
 
Leganes: Ivan Cuellar, Allan Nyom, Rodrigo Tarin, Kenneth Omeruo, Dimitrios Siovas, Jonathan Silva, Mikel Vesga/Eraso (86'), Recio, Martin Braithwaite/Michael Santos (78'), Oscar Rodriguez/Nabil El Zhar (86'), Youssef En-Nesyri.
 

Video: Menanti Revolusi PSSI
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif