Ernesto Valverde (Foto: AFP/Lluis Gene)
Ernesto Valverde (Foto: AFP/Lluis Gene)

Dianggap Gagal di Liga Champions, Valverde Pamer Statistik di Barcelona

Bola barcelona liga spanyol
Patrick Pinaria • 16 Agustus 2019 09:26
Valverde kalem setelah dikritik prestasinya bersama Barcelona di Liga Champions. Ia pun mencoba pamer soal statistiknya dan juga gelar untuk El Barca.
 
Barcelona
: Ernesto Valverde gagal memberikan prestasi untuk Barcelona di Liga Champions. Selama dua musim, pelatih asal Spanyol tersebut hanya mampu membawa El Barca meraih ke babak perempat final (2017--2018) dan semifinal (2018--2019).
 
Cara Barcelona tersingkir pun sangat pahit. Mereka selalu disingkirkan lawannya dengan cara comeback pada leg kedua.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Contoh saja saat menghadapi AS Roma di perempat final Liga Champions 2017--2018. Kala itu, El Barca sempat unggul 4-1 di Stadion Camp Nou pada leg pertama. Namun, mereka harus kalah di markas Roma dengan skor 0-3 sehingga El Barca tersingkir karena kalah gol tandang meskipun kedua tim imbang dengan agregat 4-4.
 
Nasib nyaris serupa juga didapat Barcelona saat menghadapi Liverpool pada semifinal Liga Champions musim 2018--2019. Sempat unggul 3-0 di leg pertama, Barcelona akhirnya menelan kekalahan dari Liverpool dengan skor 0-4 di leg kedua. Blaugrana pun harus tersingkir dengan agregat 3-4.

Baca: Messi Absen di Laga Pembuka


Valverde pun banjir kritik karena kegagalan memberikan prestasi untuk Barcelona di Liga Champions. Namun, ketika ditanyakan soal prestasinya ini, ia justru kalem. Ia merasa sudah memberikan yang terbaik untuk Barcelona, terutama di kancah domestik.
 
"Semua orang memiliki target ini. Kami menginginkan yang terbaik. Dalam pertandingan besar, Anda ingin meningkatkan level, tetapi Anda selalu berpikir untuk bermain lebih baik," ujar Valverde.
 
"Pertanyaannya adalah bagaimana caranya? Apakah Anda ingin saya terlihat seperti George Clooney? Itu sulit. Memainkan sepak bola yang indah juga sulit, tetapi kami berusaha menjadi tim terbaik dengan memainkan sepak bola terbaik. Kami pun terus membaik," lanjutnya.

Baca: Diimbangi PSS, Pelatih Persela Akui Timnya Kurang Tajam


"Kami memiliki beberapa pertandingan luar biasa pada musim lalu. Memang beberapa hasilnya tidak begitu baik. Tetapi, jika saya melihat lagi perjalanan saya bersama Barcelona selama dua tahun ini, kami hanya menelan kekalahan empat kali di La Liga. Kami pun berhasil meraih gelar di liga itu. Jadi, saya pikir kami melakukan banyak hal dengan benar," tutur Valverde.
 
Ucapan Valverde memang terbukti benar. Bukan apa-apa. Ia mampu membawa Barcelona meraih dua gelar di La Liga Spanyol dalam dua musim berturut-turut.
 
Hebatnya, catatan Barcelona di La Liga dalam dua musim terakhir juga impresif selama ditangani Valverde. Jika ditotal dalam dua musim terakhir, Barcelona hanya menelan empat kekalahan. Satu kekalahan dicatatnya pada musim 2017--2018, sedangkan tiga kekalahan terjadi pada musim 2018--2019. (Goal)
 

Video: The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif