Tarik Ulur Nasib Luis Milla
Luis Milla (Antara/Sigid Kurniawan)
Jakarta: Polemik masa depan Luis Milla bersama Timnas Indonesia akhirnya terjawab sudah. Pelatih asal Spanyol tersebut dipastikan tak lagi menjadi kepala pelatih Timnas Indonesia senior, karena sudah digantikan eks asistennya, Bima Sakti.

Tidak sedikit pihak yang menyayangkan keputusan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesa (PSSI) mengganti posisi Milla dengan Bima. Pasalnya, PSSI sempat menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan Milla untuk tetap melatih Indonesia bahkan hingga Piala AFF 2018.

Drama antara Luis Milla dan PSSI ini dimulai sejak berakhirnya Asian Games 2018. Pelatih yang pernah bermain untuk Real Madrid dan Barcelona itu dianggap telah gagal mencapai target Timnas Indonesia U-23 di Asian Games. Indonesia yang ditargetkan masuk semifinal, harus dihentikan Uni Emirat Arab pada 16 besar, 24 Agustus.

Baca: PSSI Disebut tidak Niat Mempertahankan Milla

Kontrak Milla bersama Timnas senior dan U-23 saat itu diketahui hanya sampai September 2018. Selepas Asian Games 2018, ia pun memutuskan pulang ke tanah airnya dengan meninggalkan spekulasi terkait masa depannya.


PSSI kemudian didesak untuk memastikan masa depan Luis Milla bersama Timnas Indonesia. Beredar pula isu tunggakan gaji yang menyebabkan pelatih berusia 52 tahun tersebut belum meneken kontrak baru.

Melalui rapat Executive Comitee (Exco) yang diselenggarakan pada 17 September silam, PSSI memutuskan untuk terus menggunakan jasa Luis Milla. Pelatih yang pernah mengasuh Timnas Spanyol U-19 sempat disebut bakal kembali ke Indonesia pada 9 Oktober.

"Ya, jadi PSSI tetap dengan keputusan rapat Exco (Excecutive Comitee) yang kemarin. Luis Milla perpanjang kontrak, mungkin tanggal 9 (Oktober) baru sampai Jakarta," ujar Gusti saat dikonfirmasi medcom.id via sambungan telepon, pada Selasa 18 September silam.

Baca: Penunjukan Bima Sakti Spekulatif

Kendati demikian, Milla belum juga dikabarkan mendarat di Indonesia hingga sejak saat keputusan Exco tersebut dikeluarkan. Bahkan, sempat beredar isu pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, siap ditunjuk menggantikan jabatan Milla.

14 Oktober silam, PSSI kembali mengabarkan tentang usaha mereka menggaet kembali Luis Milla. Namun, hasilnya nihil. Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha, mengaku pihaknya belum mendapat balasan dari agen Milla.

"Sampai saat ini belum ada balasan (dari agen Luis Milla). Jadi, saya mohon publik untuk bersabar. Jika ada perkembangan pasti sesegera mungkin dikabarkan. Tidak ada yang disembunyikan dari kami, kami transparan untuk segala hal," kata Tisha di Hotel Novotel, Jakarta, Jumat 14 September 2018 silam.

Baca: Luis Milla adalah Hoaks Terbesar PSSI

Hal tersebut membuat Bima harus turun tangan menjadi 'Pelaksana Tugas' pelatih kepala Timnas Indonesia senior. Ia bertugas mengawal timnas menghadapi laga uji coba dalam persiapan jelang Piala AFF 2018. 

Bima berkesempatan menjadi juru taktik timnas senior dalam tiga laga. Ia membawa Indonesia menang 1-0 kontra Mauritius, 3-0 kontra Myanmar, dan 1-1 kontra Hong Kong.

Seiring tidak adanya bukti konkret terkait kepastian masa depan Luis Milla, PSSI resmi menunjuk Bima sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia pada Minggu 21 Oktober kemarin. Bima langsung dihadapkan dengan tugas berat, yaitu Piala AFF 2018.

Pada hari yang sama, Milla menuliskan salam perpisahan di media sosialnya yang mengindikasikan bahwa dirinya tak lagi melatih Timnas Indonesia. Selain berterima kasih, ia juga menyindir profesionalitas para petinggi PSSI.
 
"Hari ini bukan hari yang mudah bagi saya, karena saya tidak akan melanjutkan melatih di Indonesia. Proyek selama satu setengah tahun telah selesai, meskipun manajemen sangat buruk, pelanggaran kontrak, dan para pemimpin yang kurang profesional selama 10 bulan terakhir, saya merasa telah melakukan pekerjaan dengan baik," kata Milla dikutip dari tautan media sosialnya.





(ASM)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id