Indra Sjafri (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Indra Sjafri (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Indra Sjafri: Sepak bola Bukan Soal Menang atau Kalah

Bola liga indonesia timnas u-23 timnas indonesia Indra Sjafri
Ahmad Mustaqim • 03 Juni 2019 14:54
Yogyakarta: Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri berharap sepakbola Indonesia kian menunjukkan kualitasnya. Artinya, setiap pertandingan sepakbola tak hanya bicara menang atau kalah.
 
"Ada hal yang harus kita bangun. Sepakbola ada nilai-nilai lain. Kalau bicara kalah-menang kayak sekarang, menang akan dipengaruhi tim. Kalau kalah akibat kualitas dengan tim lain tak masalah. Kemenangan yang diraih dengan segala cara itu yang masalah," kata Indra Sjafri di Yogyakarta pada Sabtu (1/6/2019).
 
Untuk itu, lelaki kelahiran Padang, Sumatera Barat ini bertekad berkontribusi membangun sepakbola tanah air. Ia kini telah memulai mencari pemain muda potensial.

Baca: Neymar Bantah Tuduhan Pemerkosaan


Salah satu syaratnya pemain tersebut harus berasal dari satu satu klub. Syarat inilah yang juga menjadi bagian mendukung perkembangan klub di Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Tak ada lagi pemain (di Tim Nasional) muncul yang tak memiliki profile. Kami akan mencari pemain muda. Uji coba melawan PSIM, kami akan memberikan kesempatan pemain kelahiran 1997," kata dia.
 
Uji coba melawan PSIM ini jadi salah satu rangkaian pemusatan latihan Timnas U-23 untuk persiapan Sea Games 2019 di Manila, Filipina. Dalam uji coba nanti, sang pelatih telah meminta ke panitia akan bisa melakukan pergantian bebas untuk memberikan kesempatan banyak pemain menunjukkan kemampuan.

Baca: Maurizio Sarri Semakin Dekat dengan Juventus


Indra menegaskan ujicoba ini penting bagi persiapan timnya. Selain jadi ujicoba pertama dalam pemusatan latihan kali ini, rencana serupa bakal dilakukan beberapa waktu ke depan, termasuk mencari pemain baru yang memiliki kualitas sama dengan pemain lama.
 
Salah satu hal lain agar tidak tergantung ke salah satu pemain. Ia mencontohkan kasus Ezra Walian yang bermasalah saat akan diturunkan pada ajang piala AFF tahun lalu.
 
"Kami harus mengantisipasi. Siapa tahu pemain yang main di luar negeri, klub tak mengizinkan, saya tak mau tergantung. Harus ada alternatif lain. Cari pemain dengan kualitas tak jauh beda," tuturnya.
 

Video: Allegri Berminat Latih Barcelona
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif