Eko Noer Kristiyanto (kiri), Emerson Yuntho (tengah), Ignatius Indro (kanan) saat menggelar diskusi terkait pengaturan skor di Indonesia (Foto: medcom.id/Gregorius Gelino)
Eko Noer Kristiyanto (kiri), Emerson Yuntho (tengah), Ignatius Indro (kanan) saat menggelar diskusi terkait pengaturan skor di Indonesia (Foto: medcom.id/Gregorius Gelino)

Polisi Bantu Berantas Mafia Sepak Bola, PSSI Tidak Akan Dibekukan FIFA

Bola liga 2 indonesia Pengaturan Skor Sepak Bola
Gregorius Gelino • 14 Desember 2018 19:11
Jakarta: Peneliti hukum Kementerian Hukum dan HAM, Eko Noer Kristiyanto, yakin bahwa sepak bola nasional takkan dibekukan jika pemerintah, melalui kepolisian, turun tangan langsung untuk mengatasi kasus pengaturan skor.

Menurutnya, pemerintah tidak mencampuri urusan teknis PSSI yang bisa menyebabkan sepak bola nasional dibekukan oleh FIFA seperti yang terjadi beberapa tahun lalu.

"Dulu kita dibekukan karena Kemenpora mencampuri urusan teknis. Kalau ini sebaliknya, negara bisa masuk karena ada penyuapan jadi tidak kena hukuman FIFA," bebernya dalam acara diskusi di kantor YLBHI di Jakarta, Jumat (14/12), sore tadi.
 

Baca: Suporter Timnas Minta Edy Mundur dari Ketum PSSI

 
Menurut ketua Koalisi Anti Mafia Sepak Bola, Emerson Yuntho, kasus suap pengaturan skor telah memasuki ranah hukum nasional sehingga PSSI akan tetap berjalan meskipun kepolisian turun tangan langsung.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Kapolri harus turun tangan untuk menyelesaikan persoalan ini. Ini tidak bisa dikategorikan intervensi terhadap PSSI karena ini jelas pidana, ada indikasi pidananya," papar Emerson.
 

Baca juga: Peneliti Kemenhumham: Pelaku Pengaturan Skor Bisa Dipidana


Ia memberi contoh kasus di Tiongkok ketika ketua federasi dan pemain-pemainnya dipenjara karena terlibat dalam suap pengaturan skor. Karena itu, ia menilai bahwa campur tangan pihak luar, terutama kepolisian, sangat dibutuhkan. Kasus pengaturan skor kembali ramai diperbincangkan jelang berakhirnya kompetisi Liga Indonesia musim ini. Terutama di Liga 2. Dugaan muncul menyusul beredarnya beberapa video pertandingan yang terlihat janggal. Juga adanya pengakuan dari beberapa pihak yang mengaku sempat di lobi untuk melakukan praktik kotor tersebut.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Otak Atik Formasi di Tengah Badai Cedera



(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi