Teknologi Asisten Video Wasit (VAR) (Foto: AFP/Toshifumi Kitamura)
Teknologi Asisten Video Wasit (VAR) (Foto: AFP/Toshifumi Kitamura)

PSSI Matangkan Penggunaan VAR di Liga 1

Bola liga indonesia pssi liga 1 indonesia VAR
Patrick Pinaria • 17 Juni 2019 23:22
PSSI semakin serius menggarap penggunaan teknologi asisten video wasit (VAR) di Liga 1 Indonesia. Mereka sudah mengajukan penerapan teknologi tersebut kepada FIFA.
 
Jakarta
: PSSI sudah mengajukan penggunaan teknologi asisten video wasit (VAR) di Liga 1 Indonesia kepada FIFA. Mereka tinggal mempersiapkan jadwal untuk pelatihan para wasit dalam penggunaan teknologi tersebut dari FIFA.
 
Penerapan VAR sudah diumumkan oleh PSSI usai menggelar rapat Komite Eksekutif PSSI pada akhir Mei. Berbagai persiapan pun langsung dilakukan PSSI untuk penggunaan VAR.

Baca: Indra Sjafri Bakal Bongkar Pasang Timnas U-23


PSSI meminta operator kompetisi Liga 1, yakni PT LIB untuk menyiapkan kajian anggaran dan infrastruktur. Sedangkan PSSI menyiapkan kajian soal regulasi penerapan VAR sesuai dengan aturan FIFA.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Kini, rencana penerapan VAR digarap semakin serius oleh PSSI. Mereka sudah mengajukan penggunaan tersebut kepada FIFA dan akan melakukan persiapan latihan untuk melahirkan tiga operator yang bisa menggunakan teknologi tersebut.
 
"PSSI sudah membuka pembicaraan dengan provider atau penyedia teknologi VAR," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha.

Baca: Alves: Brasil tidak Lemah Tanpa Neymar


VAR diterapkan pertama kali pada Piala Konfederasi 2017. Meski sempat menuai perdebatan, penggunaan teknologi tersebut justru semakin berkembang.
 
Sejauh ini, liga-liga top di Eropa sudah menggunakan teknologi tersebut. Di antaranya adalah Bundesliga 1 Jerman, Liga Serie-A Italia, La Liga Spanyol, dan Liga Champions. (PSSI)
 

Video: Setelah Hazard, Zidane Inginkan Gelandang Manchester United
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif