UEFA Nations League 2018--2019

Tahan Imbang Jerman, Belanda Lolos ke Semifinal

Patrick Pinaria 20 November 2018 06:21 WIB
liga duniatimnas jerman
Tahan Imbang Jerman, Belanda Lolos ke Semifinal
Virgil Van Dijk (kiri) mencetak gol sekaligus membawa Belanda menahan imbang Jerman (Foto: AFP/John Macdougall)
Gelsenkirchen: Jerman gagal memetik angka penuh saat menjamu Belanda pada laga terakhir penyisihan Grup 1 UEFA Nations League A 2018--2019, Selasa 20 November. Der Panzer harus puas ditahan imbang dengan skor 2-2.

Jerman mampu tampil baik di hadapan publik sendiri pada awal pertandingan. Buktinya, tim besutan Joachim Loew tersebut mampu merebut keunggulan ketika laga baru berjalan sembilan menit lewat gol Timo Werner.

Toni Kroos mengawali serangan Jerman dengan mengirimkan umpan ke arah Serge Gnabry. Pemain berusia 23 tahun tersebut meneruskannya dengan melepaskan umpan silang dan diterima Werner dengan baik. Tanpa ragu, Werner langsung melakukan tendangan voli ke sudut gawang.


Jerman tidak langsung mengendurkan serangan. Alhasil, Die Mannschaft sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-19. Gol tersebut dicetak oleh Leroy Sane yang sukses memanfaatkan umpan Toni Kroos.

Baca: Legenda Timnas Inggris Terlibat Pelecehan Seksual

Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta. Jerman unggul dengan skor 2-0.

Memasuki babak kedua, Jerman tetap menunjukkan permainan agresif. Beberapa kali, mereka mengancam gawang Belanda melalui Werner dan Gnabry. Namun, tidak ada yang berbuah maksimal.

Belanda mencoba untuk keluar dari tekanan dan berbalik menekan Jerman ketika memasuki akhir-akhir pertandingan. Pada menit ke-79, mereka menciptakan peluang emas lewat Memphis Depay. Winger Olympique Lyonnais itu sukses menusuk kotak penalti dan melepaskan tembakan. Namun, upayanya masih bisa diamankan kiper Jerman Manuel Neuer.

Belanda akhirnya sukses memecah kebuntuan pada menit ke-85. Ketika itu, mereka membobol gawang Jerman melalui gol Quincy Promes. Mendapat umpan dari Marten de Roon, Promes melepaskan tembakan melengekung yang tak bisa dijangkau Neuer.

Baca: Neymar tak Mustahil Kembali ke Barcelona

Kepercayaan diri para pemain Belanda makin meningkat. Pada menit ke-90, mereka sukses menyamakan kedudukan berkat gol Virgil Van Dijk. Bek milik Liverpool tersebut memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti dengan tembakan voli kanannya.

Hingga laga usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Skor 2-2 bertahan untuk kedua tim.

Dengan hasil ini, Belanda naik ke puncak klasemen sementara dengan mengoleksi tujuh poin. Meski punya poin sama dengan Prancis, De Oranje unggul dalam produktivitas gol. Hasil ini pun cukup mengantarkan Belanda lolos ke babak semifinal.

Sementara itu, Jerman harus puas finis di posisi buncit dengan mengoleksi dua poin dan terdegradasi ke League B dengan catatan kemenangan satu pun di League A.


Susunan pemain:

Jerman: Neuer, Ruediger, Suele, Schulz, Kroos, Kimmich, Kehrer, Sane/Goretzka (80'), Gnabry/Meuller (67'), Werner/Reus (63').

Belanda: Cillessen, Tete, De Light, Van Dijk, Blind, De Roon, De Jong, Promes, Wijnaldum/Vilhena (60'), Babel/Dilrosun (45')/L. De Jong (66'), Depay.


Video: Pelatih Persija Optimis Menang atas Persela

 



(PAT)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id