Timnas Brunei Darussalam U-23 saat menghadapi Korea Selatan U-23 (Foto: Antara/Widodo S. Jusuf)
Timnas Brunei Darussalam U-23 saat menghadapi Korea Selatan U-23 (Foto: Antara/Widodo S. Jusuf)

Profil Timnas Brunei Darussalam, Tim Non-Unggulan yang Siap Mati-matian di Kualifikasi Piala Asia U-23

Bola liga dunia kualifikasi piala asia u-23
Patrick Pinaria • 21 Maret 2019 16:04
Jakarta: Tim nasional (timnas) Brunei Darussalam tampaknya tidak diunggulkan dalam Kualifikasi Grup K Piala Asia U-23 2020. Selain statusnya di peringkat dunia, materi-materi skuat serta rekor di babak kualifikasi menjadikan mereka sebagai tim non-unggulan pada ajang ini.
 
Brunei tergabung bersama Grup K. Mereka harus menghadapi lawan-lawan tangguh seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia.
 
Di atas kertas, kekuatan Brunei bukan apa-apa bagi ketiga tim lawan mereka. Mengingat, tim yang berjuluk Tabuan Muda tersebut selalu punya catatan buruk saat berjumpa dengan ketiga tim tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Bahkan, Brunei pernah menelan kekalahan besar dari Indonesia pada 11 September 2001. Saat itu, mereka dibantai Garuda Muda dengan skor telak 0-9.

Baca: Ezra Terancam Batal Perkuat Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23


Rekor di Kualifikasi Piala Asia U-23 juga semakin mempertegas betapa buruk kapasitas mereka di ajang tersebut. Sejauh ini, Brunei sudah dua kali mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23, yakni pada 2016 dan 2018. Namun, mereka selalu gagal lolos ke babak putaran final dalam dua kesempatan itu.
 
Terakhir, Brunei gagal lolos di Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 tanpa mengoleksi poin. Saat itu, mereka tergabung dengan Australia, Myanmar, dan Singapura di Grup F. Mereka harus menelan kekalahan dari ketiga tim tersebut.
 
Kans lolos dari kualifikasi Piala Asia U-23 semakin terasa berat bagi Brunei. Sebab, mereka tidak diperkuat oleh salah satu bintangnya, Faiq Bolkiah. Pemain yang punya pengalaman memperkuat tim muda Leicester City, Arsenal, dan Chelsea.
 

Pelatih: Stephen Ng Heng Seng
Heng Seng merupakan pelatih andalan Brunei di kelompok usia. Selama ini, pelatih asal Singapura itu sudah mengabdi bersama tim nasional Brunei selama empat tahun.
 
Tahun 2013 menjadi periode awal kebersamaan Heng Seng dengan tim muda Brunei. Saat itu, ia dipercaya untuk melatih Brunei U-16.
 
Dua tahun pun berlalu. Nama Heng Seng pun mulai diperhitungkan Asosiasi Sepak Bola Brunei. Ia dipercaya untuk melatih Brunei U-23.

Baca: Profil Timnas Vietnam, Calon Lawan Berat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi AFC


Namun, hingga saat ini, belum ada satu pun prestasi mampu diberikan Heng Seng untuk Brunei. Bahkan, Brunei U-23 belum mampu tampil di babak putaran final Piala Asia U-23.
 
Meski demikian, Heng Seng tetap menjadi pilihan asosiasi. Bahkan, ia juga dipercaya untuk melatih kelompok usia muda timnas Brunei. seperti U-14, U-15, dan U-16.
 

Pemain Bintang: Azim Izamuddin Suhaimi
Azim bisa dikatakan salah satu pemain paling berpengalaman di Brunei U-23. Sejauh ini, ia sudah berusia 22 dan mengoleksi enam penampilan bersama Brunei.
 
Dari total penampilan, Azim sebetulnya baru menyumbang satu gol. Namun, ia menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol dari 22 pemain untuk Brunei U-23 saat ini.
 
Azim juga merupakan pemain salah satu klub Brunei Darussalam, DPMM FC. Klub yang bermain di kasta tertinggi liga Brunei.
 

Berikut daftar pemain Brunei Darussalam untuk Kualifikasi Piala AFC U-23:
 
Kiper: Haimie Anak Nyaring, Ishyra Asmin Jabidi, Abdul Mutalip Muhammad
 
Bek: Abdul Syakir Basri, Alimuddin Jamaludin, Hanif Hamir, Martin Haddy Khallidden, Nur Aiman Aliman, Rahimn Abdul Ghani, Salleh Emzah, Wafi Aminuddin.
 
Gelandang: Azim Izamuddin Suhaimi, Haziq Kasyful Azim Hasimulabdillah, Abdul Hariz Herman, Amin Sisa, Hanif Farhan Azman, Nazif Safwan Jaini, Nur Asyraffahmi Norsamri, Ridwan Nokman, Syahiirudin Tengah, Nazirrudin Ismai.
 
Penyerang: Azreen Eskander Sa'oda.
 
Jadwal Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala AFC U-23:
 
Vietnam vs Brunei 22 Maret
Brunei vs Thailand 24 Maret
Indonesia vs Brunei 26 Maret
 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif