Timnas Vietnam. (Foto: AFP/Manan Vatsyayana)
Timnas Vietnam. (Foto: AFP/Manan Vatsyayana)

Profil Timnas Vietnam, Calon Lawan Berat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi AFC

Bola timnas u-23 kualifikasi piala asia u-23
Alfa Mandalika • 20 Maret 2019 13:32

Vietnam menjadi salah satu lawan berat yang akan dihadapi oleh Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala AFC U-23. Komposisi pemain yang dibawa ke kualifikasi ini berbeda dengan Piala AFF U-22 Februari silam.

Jakarta: Timnas Indonesia U-23 dipastikan mendapatkan tantangan berat dari Vietnam pada penyisihan Grup K Kualifikasi Piala AFC. Sebab, tuan rumah memanggil pemain-pemain terbaiknya.
 
Salah satu pemain yang bakal tampil ialah bek Doan Van Hau. Pemain berpostur 185 cm ini diprediksi menjadi tembok kokoh bagi Vietnam.
 
Bahkan, dilaporkan Doan Van Hau sedang diminati oleh salah satu klub Bundesliga Jerman, Borussia Monchengladbach. Namun, sampai saat ini belum ada kepastian dari pihak pemain atau klub.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain Doan, Vietnam telah memanggil nama-nama pemain yang sempat membela Vietnam di Piala Asia U-23 2018, yang kala itu mereka menjadi runner up.
 
Sedangkan untuk pemain yang tampil di Piala AFF U-22 Februari lalu, pelatih Park Hang-seo hanya memanggil enam pemain. Sisanya, adalah pemain-pemain yang tampil di Piala Dunia U-20 2017.
 
Well, kekuatan Vietnam di Kualifikasi Piala AFC U-23 memang berbeda. Ini wajib diantisipasi oleh skuat arahan Indra Sjafri yang bertekad lolos penyisihan grup.
 
Baca: Jadwal Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia
 
Pelatih: Park Hang-seo

Nama Park Hang-seo memang tidak asing di persepakbolaan Korea Selatan. Dia merupakan mantan asisten Guus Hiddink di Piala Dunia 2002.
 
Setelah itu, Park mulai melatih klub-klub lokal Korsel di antaranya Gyeongnam FC, Chunnam Dragons, Sangju Sangmu, Changwon City, hingga akhirnya melatih Vietnam U-23.
 
Park yang mulai melatih pada September 2017 ini langsung memberikan dampak positif. Ia membawa Vietnam lolos ke Piala AFC U-23 2018. Lalu, dia membawa Vietnam menembus semifinal Asian Games 2018.
 
Profil Timnas Vietnam, Calon Lawan Berat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi AFC
Park Hang-Seo. (Foto: AFP/Giuseppe Cacace)
 
Prestasi Park kian meroket usai mengantarkan Timnas Vietnam menjuarai Piala AFF 2018 usai mengalahkan Malaysia dengan total agregat 3-2 di Stadion My Dinh.
 
Sementara di Piala Asia 2019, mereka terhenti pada babak perempat final lantaran dikalahkan oleh Jepang.
 
Kini, Vietnam berpeluang lolos kembali ke Piala AFC U-23 2020. Selain tampil di depan publik sendiri, Vietnam juga diperkuat pemain-pemain terbaik.
 
Pemain bintang: Nguyen Quang Hai
Gelandang Nguyen Quang Hai menjadi salah satu ujung tombak Vietnam dalam membongkar pertahanan lawan. Pemain yang menyandang ban kapten ini juga memotivasi rekan-rekan yang lain sebelum Kualifikasi Piala AFC.
 
"Status kapten berarti menjadi motivator dan penghubung antara pelatih dan para pemain," ujar Nguyen.
 
Nguyen juga kerap menjadi pilihan utama Park. Sejak Park pertama kali melatih, Nguyen selalu berhasil mencuri perhatian.
 
Gelandang yang memperkuat Hanoi FC itu banyak mendapatkan gelar bergengsi. Di level individu, dia keluar sebagai pemain terbaik Piala AFF 2018.
 
Profil Timnas Vietnam, Calon Lawan Berat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi AFC
Nguyen Quang Hai. (Foto: AFP/Giuseppe Cacace)
 
Sedangkan di level timnas, dia mampu mengantarkan Vietnam juara AFF 2018 dan membawa Vietnam ke perempat final Piala Asia.
 
Kehadiran Nguyen dipastikan bakal merepotkan pertahanan Indonesia jika tidak tampil konsisten. Sesuai jadwal Indonesia akan menjamu Vietnam pada 24 Maret 2019.
 
Berikut daftar pemain Vietnam untuk Kualifikasi Piala AFC U-23:
Bui Tien Dong, Nguyen Van Toan, Phan Van Bieu, Nguyen Thanh Chung, Tran Dinh Trong, Doan Van Hau, Mac Viet Anh, Do Thanh Thinh, Nguyen Duc Chien, Ho Tan Tai, Nguyen Van Dat, Hyunh Tan Sinh, Nguyen Quang Hai, Trong Van Thai, Trong Van Thai, Bui Tien Dung, Trieu Viet Hung, Tran Thanh Son, Le Van Xuan, Ha Duc Chinh, Nguyen Hoang Duc, Dinh Thanh Binh, Le Xuan Tu, Tran Danh Trung
 
Jadwal Vietnam di Kualifikasi Piala AFC U-23:
Vietnam v Brunei 22 Maret
Vietnam v Indonesia 24 Maret
Vietnam v Thailand 26 Maret
 
Video: Taktik Indra Sjafri Terbangkan Garuda Muda
 

(ASM)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif