Jelang Indonesia vs Filipina

Harapan Bima untuk Suporter Indonesia Jelang Bentrok dengan Filipina

Patrick Pinaria 21 November 2018 15:58 WIB
timnas indonesiapiala aff
Harapan Bima untuk Suporter Indonesia Jelang Bentrok dengan Filipina
Para suporter Indonesia (Foto: Antara/AFC)
Jakarta: Animo masyarakat Tanah Air dalam mendukung timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tampak lesu. Terutama setelah melihat Garuda menelan kekalahan dari Singapura pada laga perdana penyisihan Grup B, 9 November. Usai kalah, tagar kosongkan GBK ramai di media sosial.

Kelesuan para pendukung pun semakin terasa saat Indonesia menghadapi Timor Leste pada laga kedua penyisihan Grup B, Selasa 13 November di markas sendiri, Stadion Gelora Bung Karno (SEUGBK). Saat itu, hanya sekitar 15 ribu suporter yang hadir pada laga tersebut.

Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti memahami situasi tersebut. Ia menilai hal itu menjadi bukti para suporter peduli dengan prestasi Indonesia. Namun, pria asal Balikpapan itu berharap para suporter Tanah Air tetap mendukung timnya secara maksimal saat menghadapi Filipina pada laga terakhir penyisihan Grup B, Minggu 25 November.


Baca: Diimbangi Polandia, Portugal Pertahankan Catatan Tak Terkalahkan

"Kemarin pelatih Simon McMenemy mengatakan Filipina takut dengan suporter Indonesia. Di sisi lain, terakhir bertanding di kandang sempat viral tagar Kosongkan GBK," ujar Bima usai menggelar sesi latihan timnas Indonesia di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

"Ya saya tidak masalah ya, itu mereka karena cinta dengan prestasi timnas. Kami harap tetap dapat dukungan dari suporter, apapun hasilnya. Dan seperti yang saya bilang tadi, kita harus memenangkan pertandingan di fase grup ini," lanjutnya.

Indonesia harus tercecer di posisi keempat klasemen sementara penyisihan Grup B Piala AFF 2018 dengan mengoleksi tiga poin. Posisi tersebut membuat nasib Garuda berada di ujung tanduk.

Indonesia saat ini masih terpaut tiga poin dari Thailand dan Filipina. Namun, kans tim Merah Putih lolos ke babak semifinal terbilang tipis. Sebab, mereka hanya tinggal menyisakan satu pertandingan lagi.

Baca: Bima Sakti Benahi Penyelesaian Akhir Indonesia

Sementara itu, Thailand dan Filipina masih menyisakan dua pertandingan lagi di penyisihan grup. Kebetulan, kedua tim tersebut akan bersua pada laga ketiga, Rabu 21 November. 

Andai kedua tim tersebut meraih hasil imbang, Indonesia dipastikan gugur. Sebab, dengan meraih hasil imbang, Thailand dan Filipina akan sama-sama mengoleksi tujuh poin. Poin tersebut tentu sudah tidak bisa dikejar Indonesia karena mereka hanya bisa mengumpulkan poin maksimal sebanyak enam poin.

Namun, jika Thailand kalah dari Filipina atau pun sebaliknya, peluang Indonesia untuk lolos terbuka, meskipun tergolong sulit. Sebab Indonesia harus meraih kemenangan atas Filipina pada laga terakhir, Minggu 25 November.


Video: Bagas-Bagus Dikontrak Barito Putera

 



(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id