Liverpool ke Final Liga Champions

Bawa Liverpool ke Final, Klopp Diselimuti Lima Kenangan Pahit

A. Firdaus 03 Mei 2018 12:42 WIB
liverpoolliga champions 2017--2018
Bawa Liverpool ke Final, Klopp Diselimuti Lima Kenangan Pahit
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (Foto: AFP PHOTO / Paul ELLIS)
Juergen Klopp berhasil membawa Liverpool menuju final Liga Champions 2017--2018. Klub yang diasuhnya akan berhadapan dengan juara bertahan Real Madrid pada final yang berlangsung di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Sabtu 26 Mei mendatang.

Usai memastikan membawa The Reds ke final, Klopp tak sepenuhnya bisa bernapas lega. Dia masih diselimuti bayang-bayang kekalahan ketika membawa klub yang ditukanginya bermain di final.

Klopp pernah enam kali ke final sebagai pelatih. Empat kali saat masih menjadi juru taktik Borussia Dortmund, dan dua kali bersama Liverpool.

Klik di sini: Jadwal Siaran Langsung Atletico Madrid vs Arsenal

Sementara satu-satunya kesuksesan yang ia raih adalah mengantarkan Dortmund menjadi juara DFB Pokal 2011--2012. Ketika itu Der Borussen secara perkasa mengalahkan Bayern Muenchen dengan skor 5-2.


Tapi selebihnya, hanya hasil yang tidak mengenakkan kerap didapat Klopp. Walaupun ia coba mengabaikan kenangan pahit masa lalu yang pernah dialaminya itu.

"Kami ingin menang tetapi saya tahu rekor buruk itu. Semua orang akan mengingatkan saya tentang kekalahan lima kali di final, tetapi kami akan mencoba melakukan dengan hasil yang lebih baik," ujar Klopp usai membawa Liverpool ke final.
 
Berikut enam laga final yang pernah dijalani Klopp selama menjadi pelatih. Di mana dari enam laga, lima di antaranya berakhir pilu buat mantan pemain Mainz 05 itu.

-Final DFB Pokal 2012: Borussia Dortmund 5-2 Bayern Muenchen
Sebenarnya Klopp menjalani start bagus sebagai pelatih. Sebab ia mencapai final piala pertamanya dengan menjadi juara di DFB Pokal. Ketika itu Dortmund yang masih diperkuat Robert Lewandowski mampu melumat Bayern dengan skor 5-2.

-Final Liga Champions 2013: Borussia Dortmund 1-2 Bayern Muenchen
Musim 2012--2013 diakhiri dengan kekecewaan untuk Dortmund dan Klopp, karena mereka menjadi salah satu korban dari upaya Muenchen menjuarai treble winners.

Ketika itu, Dortmund harus takluk dengan skor tipis 1-2 pada final yang mempertemukan antarklub Jerman tersebut di pentas tertinggi Benua Biru.

-Final DFB Pokal 2014: Borussia Dortmund 0-2 Bayern Muenchen (perpanjangan waktu)
Muenchen lagi-lagi menjadi mimpi buruk Klopp dan anak asuhnya di Dortmund. Meski Die Roten sudah berganti pelatih, yang ketika itu ditangani Josep Guardiola, tetap saja Dortmund sulit mengulangi kejayaan mereka ketika Klopp pertama kalinya menjadi pelatih Dortmund.

Kali ini Die Borussen dibuat sakit hati karena kalah lewat perpanjangan waktu. Tak tanggung-tanggung, Muenchen mampu mencetak dua gol ke gawang Dortmund dalam periode itu.

Klik di sini: Jumpa Uzbekistan, Luis Milla Siapkan Strategi Khusus

-Final DFB Pokal 2015: Borussia Dortmund 1-3 Wolfsburg
Musim terakhir Klopp menangani Dortmund. Mereka tampil buruk di Bundesliga karena hanya mampu finis di tempat ketujuh.

Untuk itu, final DFB Pokal bisa dianggap menjadi gelar pelipur lara untuk momen perpisahan Klopp. Tapi Wolfsburg mengubahnya menjadi momen suram buat pelatih berusia 50 tahun itu. Dortmun takluk 1-3 di tangan Wolfsburg pada final DFP Pokal 2015.

-Final Piala Liga 2016: Liverpool 1-1 Man City (kalah adu penalti)
Sebuah pencapaian yang bagus pada musim perdana Klopp di Anfield. Liverpool ia bawa ke final Piala Liga dengan menghadapi Manchester City.

Bermain di Wembley kembali menjadi petaka buat Klopp. Sempat mengakhiri laga 1-1 hingga perpanjangan waktu, Philippe Coutinho dan kolega justru harus takluk lewat drama adu penalti 1-3 atas The Citizens.

-Final Liga Europa 2016: Liverpool 1-3 Sevilla
Liverpool mencapai final usai menyingkirkan Manchester United dan mantan klub Klopp, Dortmund. Tapi di final, mereka harus takluk atas Sevilla dengan skor 1-3 di Jakob Park Stadium di Basel.

Kekalahan itu membuat Liverpool menjadi korban ketiga Sevilla yang kala itu mencetak hattrick juara Liga Europa dalam tiga musim beruntun.

Indonesia Masuk Grup Neraka di Piala AFF 2018




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id