Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Cek Fakta] Benarkah Nama Asli Mark Zuckerberg adalah Jacob Greenberg? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta mark zuckerberg Facebook hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 16 Agustus 2022 16:19
Beredar kabar yang menyebutkan nama asli pendiri jejaring media sosial Meta, Mark Zuckerberg adalah Jacob Greenberg. Kabar ini beredar di media sosial.
 
Akun Facebook ini membagikan klaim tersebut pada Jumat, 29 Juli 2022. Akun itu mengunggah sebuah gambar yang memuat wajah Zuckerberg dan konglomerat AS David Rockefeller. Disebutkan juga, Zuckerberg adalah cucu dari Rockefeller dan berkaitan dengan keluarga Rothschild.
 
Pada unggahannya, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Nama asli Mark Zuckerberg adalah Jacob Greenberg, cucu dari David Rockefeller.
Arti dari nama Zuckerberg adalah "gunung gula", dan tidak ada keraguan bahwa arti tersirat dari FB adalah: gunung informasi yang mereka dapat menambang miliaran dolar.
Keluarga Rothschild memiliki hampir 10% dari FB.
Dan FB didirikan dengan bank milik CIA senilai $500 juta."
Benarkah? Berikut cek faktanya.
 
[Cek Fakta] Benarkah Nama Asli Mark Zuckerberg adalah Jacob Greenberg? Begini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa nama asli Mark Zuckerberg adalah Jacob Greenberg, salah. Faktanya, klaim tersebut tak ada bukti.
 
Dikutip dari ensiklopedia Britannica, nama asli Mark Zuckerberg adalah Mark Elliot Zuckerberg, bukan Jacob Greenberg. Orangtuanya bernama Edward Zuckerberg dan Karen Kempner.
 
Edward adalah seorang dokter gigi dan Karen adalah seorang psikiater berlisensi. Kisah keluarga Zukerberg pernah ditulis oleh New York Magazine, 4 Mei 2012. Adapun pada 12 November 2015, Mark sendiri menceritakan mengenai kakeknya melalui akun Facebook pribadinya.
 
Merujuk laman Ancestry.com yang bersumber dari kamus nama keluarga Amerika dari Oxford University Press menyebutkan bahwa arti nama Zuckerberg berasal dari bahasa Yahudi Ashkenazic. Dalam bahasa Jerman, Zucker berarti gula dan Berg berarti bukit atau gunung.
 
Kendati demikian, tidak ada bukti yang membenarkan bahwa Mark Zuckerberg memiliki hubungan keluarga dengan David Rockefeller. Dilansir dari Reuters, 20 Maret 2017, David Rockefeller adalah filantropis yang meninggal pada 2017. Dia mengembangkan Rockefeller Center New York dan Standard Oil. Rockefeller dikaruniai enam anak dan 10 cucu. Namun, Mark Zuckerberg bukanlah salah satu dari cucunya.
 
Kesimpulan:
Klaim bahwa nama asli Mark Zuckerberg adalah Jacob Greenberg, salah. Faktanya, klaim tersebut tak ada bukti.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 
Referensi:
-https://www.britannica.com/biography/Mark-Zuckerberg
-https://nymag.com/news/features/zuckerberg-family-2012-5/
https://www.facebook.com/zuck/posts/pfbid0GZqc29MKSUYm4HDVecoBcjEM9MJmXsE9fWngftEdY68DvazXpAaWAsMuiGL44bvsl
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif