Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Penampakan Ratusan Minyak Goreng Kemasan Sengaja Dibuang ke Laut? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta minyak goreng hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 09 Agustus 2022 09:56
Beredar sebuah video yang memperlihatkan sekitar ribuan minyak goreng kemasan berserakan mengambang di laut dan dinaikkan ke atas kapal. Video itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook ini membagikan video tersebut pada Rabu, 3 Agustus 2022. Pada unggahan videonya, akun itu menyertakan narasi yang mengklaim bahwa ratusan minyak goreng kemasan itu sengaja dibuang ke laut.
 
Berikut narasi yang dibagikan:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Kemarin beras bansos dkubur,,eh sekarang minyak goreng ditemukan di lautan... ancor ancor
*INGATANKU MASIH SEGAR SEWAKTU PERISTIWA SABOTASE PKI TAHUN 1965, BERAS DLL DI BUANG KE LAUT , RAKYAT MAKAN BULGUR (MAKANAN KUDA) MASAKNYA PAKAI GULA JAWA* , waspadalah dengan NEO PKI !!! https://www.google.com/.../ibu-ibu-pasti-nangis-ribuan...
Benarkah video itu memperlihatkanratusan minyak goreng kemasan sengaja dibuang ke laut? Berikut cek faktanya.
 
[Cek Fakta] Beredar Video Penampakan Ratusan Minyak Goreng Kemasan Sengaja Dibuang ke Laut? Begini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan ribuan kemasan minyak goreng sengaja dibuang ke lautan adalah salah. Faktanya, penyebab ribuan kemasan minyak goreng mengambang di laut karena kecelakaan kapal kargo yang membawa bahan-bahan pokok.
 
Melalui reverse image, video serupa diunggah akun Instagram ini pada 2 Agustus 2022. Kemiripan kedua video dapat dilihat dari keberadaan seseorang memakai pelampung yang menaikkan minyak goreng ke kapal. Kemiripan video juga terlihat pada bagian samping kapal, terlihat ratusan kemasan minyak goreng berserakan dan anak tangga kapal berwarna kuning.
 
Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan klarifikasi terkait video viral ratusan minyak goreng mengambang di laut. Menurut Kemendag, video tersebut merekam proses evakuasi ratusan minyak goreng kemasan yang merupakan muatan dari kapal kargo yang tenggelam di perairan Riau.
 
Seperti dilansir Kompas.com pada Jumat, 5 Agustus 2022, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra mengatakan, ratusan minyak goreng kemasan tersebut sudah dibersihkan dari laut.
 
"Sudah ditangani oleh mereka. Saya belum ke sana tapi infonya sih sudah (selesai ditangani) kata mereka," ujar Syailendra.
 
Syailendra menjelaskan, minyak goreng kemasan mengambang di laut seperti tampak video yang beredar karena kapal kargo yang membawa bahan-bahan pokok mengalami kecelakaan di perairan Riau.
 
Kapal tersebut tidak hanya mengangkut minyak goreng kemasan tetapi juga berbagai bahan pokok lainnya. Namun karena minyak goreng tidak ikut tenggelam, maka di video hanya terlihat minyak goreng saja.
 
Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan ribuan kemasan minyak goreng yang dibuat ke lautan adalah salah. Faktanya, penyebab ribuan kemasan minyak goreng mengambang di laut karena kecelakaan kapal kargo yang membawa bahan-bahan pokok.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Beredar Video Penampakan Ratusan Minyak Goreng Kemasan Sengaja Dibuang ke Laut? Begini Faktanya
 
Referensi:
https://money.kompas.com/berita/114000426-viral-minyak-goreng-mengambang-di-laut-kemendag--sudah-selesai-ditangani?page=all
https://www.instagram.com/p/CgufN40FrIs/
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif